Menu

Konsumsi Vitamin D Disebut Bisa Ringankan Depresi, Waspada Kalau Kelebihan Bisa Bikin...

19 Agustus 2022 13:45 WIB

Ilustrasi wanita depresi (klikdokter.com/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Memang vitamin D memiliki banyak sekali manfaat salah satunya adalah meringan kan gejala depresi. Namun ternyata, kalau kamu mengkonsumsinya dengan jumlah yang cukup banyak bisa berujung bahaya lho!

Diketahui bahwa hal ini dapat menyebabkan muntah dan masalah kesehatan lainnya.

Sebuah meta-analisis dari 41 penelitian sebelumnya tentang vitamin D menunjukkan bahwa suplemen biasanya membantu meringankan gejala depresi. Analisis ini adalah yang terbesar.

Tetapi mengonsumsi terlalu banyak suplemen vitamin dapat menyebabkan masalah kesehatan, lapor Insider.

Kelebihan suplemen vitamin D, ketika kadarnya mencapai s150 nanogram per mililiter (ng/ml) lebih, dapat menyebabkan keracunan.

Sebuah kasus terjadi pada pria Inggris, yang dirawat di rumah sakit selama 8 hari setelah mengonsumsi vitamin D dengan kadar 80 kali lebih banyak dari yang direkomendasikan.

Pria tersebut mengalami kerusakan ginjal permanen setelah overdosis suplemen vitamin D.

"Butuh waktu satu tahun, atau lebih, kadang-kadang, agar menjadi normal," jelas kepala medis Johns Hopkins Metabolic Bone & Osteoporosis Center.

Ia menambahkan, "Itu kasus yang sangat langka, pasien harus menjalani dialisis. Jauh lebih sulit menyembuhkan kelebihan vitamin D daripada memperbaiki (kondisi) kekurangan vitamin D."

Bila kekurangan vitamin D, ahli gizi menyarankan untuk mencari nasihat dokter tentang berapa banyak suplemen yang harus dikonsumsi.

National Institutes of Health (NIH) menyarankan orang dewasa sehat untuk mengonsumsi 600 satuan internasional (IU) atau 15 mcg vitamin D per hari.

Artikel Pilihan