Menu

7 Manfaat Luar Biasa Semangka untuk Ibu Hamil, Cegah Mual Hingga Preeklampsia!

19 Agustus 2022 17:25 WIB

buah semangka (Unsplash/edceee)

HerStory, Bekasi —

Seperti diketahui, buah semangka memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Semangka bahkan direkomendasikan untuk dikonsumsi ibu hamil, lho.

Nggak hanya bagi ibu, buah satu ini pun memiliki ragam manfaat bagi perkembangan janin. Selain kaya air yang bisa menghidrasi tubuh, semangka diketahui bisa mencegah kondisi mual atau morning sickness. Mengutip dari laman sindikasi Theasianparent, berikut manfaat semangka bagi ibu hamil.

Mencegah preeklampsia 

Preeklampsia merupakan suatu kondisi ibu hamil mengalami tekanan darah tinggi yang bisa membahayakan kehamilan serta keselamatan janinnya. Namun, rupanya kondisi ini bisa dicegah dengan rutin mengonsumsi semangka. 

Semangka kaya akan zat likopen yang bisa menangkal kondisi tersebut. Menurut International Journal of Gynecology and Obstetrics, buah satu ini bisa mencegah risiko hingga 50 persen.

Perkembangan janin

Para ahli mengungkapkan bahwa semangka bisa menunjang perkembangan penglihatan, otak, sistem saraf, hingga daya tahan tubuh ibu serta janin. Hal ini karena semangka mengandung beragam vitamin, mulai dari vitamin A, C, B6, kalium serta magnesium.

Mencegah kanker

Berbagai jenis kanker rupanya juga bisa dicegah dengan rutin mengonsumsi semangka. Menurut Steven Pratt, M.D., kandungan likopen bisa membantu tubuh dalam menangkal radikal bebas, penyebab kanker. 

Buah satu ini bahkan dinilai lebih efektif dari jenis buah dan sayur lain yang kaya akan likopen, seperti tomat.

Mengurangi asam lambung

Tak jarang, ibu hamil juga mengalami masalah pencernaan seperti asam lambung karena faktor hormon dan pertumbuhan janin. Semangka dinilai menjadi buah yang ramah bagi penderita asam lambung karena bisa membantu menenangkan pencernaan serta mencegah kondisi asam lambung menjadi lebih parah.

Mencegah kram

Kram menjadi kondisi yang umum terjadi pada ibu hamil karena faktor hormonal dan pertumbuhan berat badan yang cepat. Antioksidan dan berbagai kandungan vitamin dalam semangka bisa membantu mengurangi kondisi ini.

Mengurangi pembengkakkan

Semangka mengandung sekitar 92 persen air yang bisa mencegah dehidrasi tubuh serta mengurangi edema. Kondisi edema ini tak jarang bisa membuat beberapa bagian tubuh membengkak karena adanya penumpukan cairan. Buah satu ini dapat membuka sumbatan sehingga bisa meredakan penumpukan tersebut. 

Kulit bersinar

Kandungan antioksidan dalam semangka bisa membuang racun dalam tubuh, termasuk racun yang menumpuk di kulit. Saat hamil, hormon bisa membuat kulit menjadi kusam, terutama bila ditambah racun yang terendap tersebut.

Namun, konsumsi semangka bisa membantu membuat kulit wajah menjadi lebih bersinar dan bercahaya alami. Selain itu, kandungannya juga bisa menghindari bentuk pigmentasi yang membuat kulit kusam.