Menu

Moms, Catat! Begini Cara Melatih Konsentrasi Anak Saat Belajar

06 Oktober 2020 09:15 WIB

ilustrasi anak sedang belajar (Unsplash/Edited By HerStory)

HerStory, Jakarta —

Situasi pandemi Covid-19 saat ini memang mengharuskan beberapa orang untuk melakukan berbagai aktivitas secara online atau di rumah saja. Salah satu yang mendapatkan dampak tersebut ialah anak-anak. Anak-anak saat ini harus melakukan kegiatan sekolah dan belajarnya secara online, hal ini tentu kerapkali membuatnya mereka merasa jenuh. 

Ketika anak-anak merasa jenuh, mereka cenderung akan kehilangan kosentrasinya saat belajar dan bahkan dapat membuat mereka kehilangan semangat untuk belajar.

Pada saat anak-anak sedang menghadapi siatuasi tersebut, Moms dapat dapat membantu anak tetap konsentrasi ketika belajar. Melansir komodomath.com berikut ini beberapa hal yang bisa dilakukan orangtua.

Membuat jadwal

Moms bisa membantu anak membuatkan jadwal pribadinya. Mulai dari jadwalnya bangun tidur, sekolah, mengerjakan PR,bermain, hingga kembali tidur. Setelah jadwal sudah tersusun dengan baik, Moms dapat mengajari sang anak untuk dapat memprioritaskan hal-hal yang terpenting dahulu untuk dilakukan.

Istirahat

Tidur yang cukup dapat memudahkan anak berkonsentrasi. Anak-anak bisa tidur 10-12 jam untuk anak usia 5 hingga 11 tahun. Menetapkan rutinitas waktu tidur membantu anak lebih konsentrasi saat belajar di pagi hari.

Olahraga

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa olahraga dapat bermanfaat bagi konsentrasi anak pada saat belajar maupun sekolah. Studi dari Denmark bahkan menyarankan berjalan ke sekolah dapat meningkatkan konsentrasi dan efeknya bertahan sepanjang pagi. Namun pada situasi pandemi yang terjadi saat ini, Moms bisa mengajaknya sang anak untuk melakukan kegiatan olahraga yang bisa dilakukan di dalam rumah. 

Semoga bermanfaat Moms!