Menu

Kata Siapa Cantik Itu Mahal? Ini 5 Perawatan yang Bisa Kamu Lakukan di Rumah, Bye Perawatan Salon!

22 Agustus 2022 14:25 WIB

Ilustrasi seorang wanita sedang melakukan perawatan bibir. (Freepik/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Memang mendapatkan perawatan di salon sangat menyenangkan dan membuat wajah tampak lebih sehat. Namun, harga yang ditawarkan kadang sangat fantastis sehingga akan membuat kantong jebol.

Nah, kamu tak perlu lagi menghabiskan uang di salon atau spa untuk perawatan wajah mewah karena kamu bisa melakukan beberapa jenis perawatan salon di rumah!

Berikut lima langkah perawatan wajah bak salon yang bisa kamu lakukan di rumah, dilansir dari Healthshots.

Membersihkan Wajah

Langkah terpenting adalah membersihkan kulit wajah. Langkah ini dilakukan untuk memastikan kotoran di wajah hilang, serta mengangangkat minyak berlebih, kulit mati, dan riasan yang ada di kulit wajah kamu.

Cara melakukannya: Pijat wajah dan leher dengan oil cleanser atau facial oil (minyak zaitun atau minyak kelapa) selama tiga hingga lima menit dengan gerakan melingkar, untuk mengangkat kulit mati. Bilas hingga bersih dengan air hangat.

Tipsnya: Lakukan gerakan dengan lembut.

Uapkan kulit

Menguapkan wajah akan membuka pori-pori terbuka dan membantu menyerapan nutrisi skincare dengan baik.

Cara melakukannya: Rebus air dalam panci, lalu menunduk ke uap rebusan panci sambil tutupi kepala dan wajah kamu dengan handuk. Lakukan selama lima hingga 10 menit.

Ekstraksi Komedo 

Menguap wajah juga dapat membantu langkah berikutnya, yaitu menghilangkan komedo dan komedo putih. Kamu dapat membeli alat ekstraksi komedo dari toko obat lokal

Cara melakukannya: Pada langkah ini, kamu harus menghilangkan komedo di area zona-T yang meliputi hidung, dagu, dan dahi dengan bantuan alat.

Ada hal lain yang mesti dipertimbangkan, jangan melakukan ini jika kamu tak memiliki pengalaman dengan alat ekstraksi.

Pakai Masker

Masker wajah akan membuat kulit berkilau dan bercahaya, dan juga akan mendetoksifikasi kulit. Selain itu, manfaat perawatan ini akan menghilangkan kotoran, dan membuat wajah bersinar secara sehat.

Cara melakukannya: kamu bisa menyiapkan masker wajah alami dengan campuran yogurt, madu, lidah buaya, dan pisang. Oleskan selama 20 menit dan letakkan dua irisan mentimun di atas mata kamu. Pijat wajah kamu dengan lembut selama lima menit, sebelum mencucinya dengan air hangat.

Tipsnya: Pertimbangkan masker wajah sesuai dengan jenis kulit, seperti memiliki wajah berminyak ataupun kering.

Lembapkan Kulit

Langkah terakhir adalah melembapkan kulit.

Cara melakukannya: Oleskan krim pelembap secara lembut pada wajah dan leher secara menyeluruh, dan biarkan terserap ke dalam kulit. Kamu juga bisa menggunakan lidah buaya atau pasta halus mentimun.

Tipsnya: Gunakan pelembap yang tak mengandung alkohol.