Menu

Ternyata Ini Penyebab Sulit Tidur di Malam Hari, Nomor 4 Favorit Banyak Orang Nih!

23 Agustus 2022 10:20 WIB

Ilustrasi penyandang diabetes mengalami sulit tidur (iStockphoto/Tero Vesalainen)

HerStory, Bekasi —

Sulit tidur merupakan suatu kondisi gangguan yang dialami seseorang saat akan mau beristirahat di malam hari. Jika dibiarkan, bukan hanya akan memengaruhi waktu tidur tetapi juga kesehatan jangka pendek hingga jangka panjang.

Oleh sebab itu, penting untuk mengatasi gangguan sulit tidur ini. Dikutip dari Alo Dokter, berikut ini lima penyebab susah tidur paling umum yang banyak dialami oleh masyarakat.

1. Stres

Stres merupakan salah satu penyebab susah tidur paling umum. Stres bisa memengaruhi durasi dan kualitas tidur karena kadar hormon kortisol meningkat. Efeknya, detak jantung meningkat dan otot menjadi tegang sehingga tubuh tidak rileks dan mengganggu tidur

2. Kafein

Konsumsi minuman berkafein seperti kopi dan teh enam jam menjelang tidur bisa menyebabkan susah tidur. Kafein bisa menghambat kerja adenosin, yaitu senyawa aktif di otak yang memicu rasa kantuk.

3. Makan

Kebiasaan makan mendekati waktu tidur juga bisa menyebabkan susah tidur di malam hari. Saat makan, tubuh melepas hormon insulin untuk mengolah makanan menjadi energi. Proses ini membuat ritme sirkadian atau siklus tidur terganggu hingga menyebabkan terjaga di malam hari.

4. Main Gadget atau HP

Tanpa disadari, kebiasaan bermain gadget menjelang waktu tidur bisa membuat susah tidur. Cahaya biru yang dipancarkan layar gadget bisa menurunkan produksi hormon melatonin, yaitu hormon yang mengatur siklus tidur.

Selain itu, penelitian juga mengungkapkan bahwa cahaya biru dapat meningkatkan kewaspadaan otak dan dapat merangsang fungsi kognitif yang pada akhirnya membuat tubuh terjaga dan menjadi susah tidur.

5. Kurang Sinar Matahari

Meski terdengar gak masuk akal, kurang terkena paparan sinar matahari bisa menjadi penyebab susah tidur di malam hari. Paparan sinar matahari pagi hari bisa memperbaiki siklus tidur dan membuat tubuh terjaga sepanjang hari.

Selain beberapa hal di atas, susah tidur juga bisa disebabkan oleh hal lain, seperti kamar tidur yang kurang nyaman, baru melakukan perjalanan jauh dengan zona waktu berbeda, hingga efek dari konsumsi obat tertentu seperti metylphenidate.

Ada juga beberapa masalah medis seperti diabetes, penyakit jantung, gangguan saraf, GERD, hingga kanker, juga kerap kali menyebabkan penderitanya alami susah tidur.

Artikel Pilihan