Menu

Terjawab Sudah! Ini 6 Penyebab Masalah Kulit dan Wajah Kusam Muncul Meski Sering Cuci Muka, Nomer 1 Sepele Banget!

27 Agustus 2022 10:10 WIB

Ilustrasi wanita sedang mencuci muka. (Pinterest/Freepik)

HerStory, Jakarta —

Selain untuk menjaga kebersihan wajah, mencuci muka adalah hal yang wjib dilakukan demi menghindari permasalahan kulit lainnya seperti jerawat.

Hanya saja bagi sebagian orang, rutin mencuci muka nampaknya tak cukup membantu menyenyahan masalah kulit seperti jerawat dan komedo lho Beauty.

Untuk itu penting mengetahu apa saja yang menyebabkan kulit tetap bermasalah meski telah rutin mencuci muka, seperti yang dilansir dari lama Sylvia Skin Care berikut ini.

1. Tak Mencuci Tangan

Banyak orang sering lupa mencuci tangan sebelum membasuh wajah. Padahal bisa saja tangan menyimpan kotoran dan bakteri yang menyebabkan masalah pada wajah.

Untuk itu, sebelum membasuh wajah, penting untuk selalu dan tak lupa mencuci tangan terlebih dahulu ya!

2. Menggunakan Handuk yang Sama

Penggunaan handuk, kain atau lap yang sama pada wajah dapat memberikan dampak negatif karena bakteri dan kotoran dapat menempel di handuk.

Untuk itu, penting mencuci handuk atau kain lap seenggaknya dua minggu sekali untuk mencegah pertumbuhan bakteri, kuman, atau kotoran yang dapat merusak wajah.

3. Pakai Air Terlalu Dingin atau Panas

Penggunaan air panas dapat membuat kulit menjadi kering. Kondisi kulit kering akan menyebabkan peradangan, gatal, dan kemerahan.

Sementara menggunakan air dingin dapat membuat pelembap alami kulit berkurang. Hal ini menyebabkan kulit menjadi kusam dan bersisik. Oleh karena itu, pastikan mencuci wajah dengan air suhu normal.

4. Terlalu Sering

Mencuci wajah terlalu sering juga dapat memberikan dampak negatif bagi kulit. Untuk itu, tisu dapat digunakan sebagai alternatif, khususnya saat ingin membersihkan riasan wajah.

Penggunaan tisu juga bisa digunakan sebagai pengganti lap yang biasa digunakan untuk mengeringkan air pada wajah.

5. Terlalu Sering Eksfoliasi

Terlalu sering mengeksfoliasi kulit wajah juga akan membuat kulit iritasi. Hal ini juga menyebabkan penuaan dini pada seseorang.

Untuk itu, proses eksfoliasi boleh dilakukan, tetapi jangan terlalu sering. Apalagi saat ini banyak eksfoliator yang mengandung bahan keras sehingga membuat kulit menjadi iritasi.

6. Penggunaan Sabun yang Salah

Sabun pencuci muka juga menjadi penyebab mengapa mengalami masalah kulit meski rutin mencuci wajah. Untuk itu, penting mencari produk yang cocok dengan jenis kulit. Sesuaikan juga dengan masalah yang dialami.