Menu

Gak Banyak Diketahui, Ini Manfaat Ajaib Buah Dewandaru atau Ceremai untuk Kesehatan Tubuh! Bisa Turunkan Berat Badan Lho! Siap Langsing?!

29 Agustus 2022 12:45 WIB

Buah Dewandaru yang dikenal juga dengan Ceremai Belanda (Pixabay/Szakerto70)

HerStory, Jakarta —

Buah dewandaru atau ceremai belanda rupanya kini sudha sangat jarang ditemui. Berdasarkan laman p2k.unkris.ac.id, yang pohonnya hanya bisa tumbuh tinggi sampai 2-2 meter ini memiliki nama latin Eugenia uniflora lho Beauty.

Daunnya yang masih muda berwarna merah tua, sementara bunganya berwarna kuning susu. Buahnya memiliki bentuk yang kecil-kecil dengan warna hijau ketika masih muda dan berwarna merah tua jika sudah masak.

Merangkum dari informasi dari webmd.com dan sehatq.com berikut manfaat mengonsumsi buah dewandaru. Simak yuk ulasannya!

1. Menjaga kesehatan mata

Kandungan vitamin A pada buah dewandaru sangat baik untuk menjaga sistem imun dan penglihatan. Hal ini dapat menghindarkanmu dari masalah mata seperti xeropthalmia atau mata kering akibat kekurangan vitamin A.

2. Menjaga kesehatan kulit

Buah ini juga kaya dengan kandungan vitamin C. Antioksidan yang ada pada vitamin C dapat memperlambat tanda-tanda penuaan dan menjaga sel dari kerusakan akibat radikal bebas. Vitamin C juga dibutuhkan tubuh untuk produksi kolagen yang berguna dalam membantu proses penyembuhan luka pada kulit.

3. Memiliki sifat antibakteri, antivirus, dan antijamur

Dalam penelitian diketahui bahwa minyak esensial dari daun dewandaru dapat menghalau infeksi jamur Candida pada orang dengan sistem imun yang buruk. Selain itu juga dapat melawan serangan bakteri seperti Streptococcus, Listeria, dan Staphylococcus aureus.

Penelitian terbaru menemukan bahwa ekstrak minyak esensial dari buah dan daun dewandaru  juga dapat membantu memperlambat pertumbuhan sel kanker dan mengurangi risiko kematian akibat kanker. Namun, diperlukan lebih banyak penelitian terkait hal ini.

4. Mengatasi gangguan tidur

Buah dewandaru diketahui mengandung melatonin. Hormon ini dihasilkan oleh kelenjar pineal di otak yang berfungsi untuk mengatur siklus tidur dan bangun. Konsumsi buah dewandaru secara teratur setiap hari dapat membantumu dalam mengatasi gangguan tidur seperti insomnia.

5. Membantu turunkan berat badan

Buah dewandaru hanya mengandung 57 kalori per 173 gram. Konsumsi buah dewandaru dalam jumlah banyak tak akan mempengaruhi berat badan karena jumlah kalorinya yang rendah. Buah ini juga dapat dikonsumsi sebagai menu diet.

6. Mencegah stroke dan jantung

Kandungan antioksidan seperti lycopane, gamma carotene, rubixanthin, dan beta cryptoxanthin ada pada buah dewandaru. Antioksidan tersebut dapat membantu tubuh terhindar dari radikal bebas yang dapat menyebabkan penyakit stroke hingga jantung.

Buah dewandaru memiliki rasa asam manis yang segar. Jangan menelan bijinya ya, karena bisa menyebabkan sakit perut. Buah ini juga dapat dikonsumsi dan diolah menjadi selai, salad, hingga es krim.

Nah, itu dia beberapa manfaat buah dewandari atau ceremai belada. Gimana Beauty, apakah kamu tertarik untuk mengkonsumsi buah ini?