Menu

Sering Dilakukan, 3 Hal Ini Ternyata Bikin Sulit Hamil Lho!

09 Oktober 2020 15:00 WIB

Ilustrasi pasangan suami istri yang bertengkar (irishtimes.com/Edited by Herstory)

HerStory, Jakarta —

Mendapatkan momongan memang jadi hal yang diinginkan oleh sepasang suami istri. Berbagai usaha maupun doa pun terus menerus dilakukan agar kelak dapat dengan segera diberikan momongan. Namun untuk beberapa pasangan suami istri yang belum juga dikarunia momongan mungkin akan merasa bingung dan bertanya-tanya.

Nyatanya, ada banyak aspek yang harus diketahui oleh pasangan suami istri yang ingin segera mendapat momongan. Salah satunya yaitu mengenai gaya hidup. Menurut beberapa penelitian, gaya hidup yang nggak sehat juga dapat meningkatkan risiko gangguan kesuburan yang mempersulit pasangan mendapatkan keturunan.

Lalu, gaya hidup nggak sehat yang seperti apa ya? Simak ulasannya berikut ini. 

Merokok

Kebiasaan merokok nggak hanya dapat berdampak buruk pada kesuburan, namun pada kesehatan secara umum. Pada pria, merokok dapat menyebabkan menurunnya produksi sperma, motilitas (pergerakan), dan morfologi (bentuk) yang normal. Hal ini juga memiliki efek terhadap kerusakan DNA (materi genetik) sperma. Sementara pada wanita, kandungan pada rokok selain dapat mengacaukan hormon, juga dapat mempengaruhi kualitas sel telur.

Olahraga berlebihan

Olahraga teratur merupakan salah satu gaya hidup yang baik untuk kesehatan termasuk kesuburan. Aktivitas fisik terbukti memiliki dampak positif terhadap kesuburan terutama pada mereka yang memiliki berat badan berlebih dalam upaya mengurangi berat badan. Namun bagaimana dengan olahraga yang berlebihan? olahraga yang berlebihan ternyata dapat memberikan dampak negatif terhadap keseimbangan energi pada tubuh yang dapat mempengaruhi sistem reproduksi. 

Mengkonsumsi kafein berlebihan

Selain kopi, beberapa minuman atau makanan yang mengandung kafein seperti teh dan soft drink serta cokelat dipercaya dapat menjadi penyebab seseorang sulit mendapatkan keturunan, walaupun mekanisme dan bukti ilmiahnya masih belum terlalu jelas.

"Konsumsi kafein yang berlebihan dapat mempengaruhi fungsi reproduksi wanita dengan mengganggu fungsi ovulasi dan perubahan kadar hormon," ungkap dr Shanty dilansir dari Parentingdream.co.id.

Semoga bermanfaat Beauty!