Menu

Selama Work From Home Jadi Mudah Lelah? Beauty, Coba Perhatikan Hal-Hal ini!

13 Oktober 2020 10:10 WIB

Ilustrasi wanita yang mengalami insomnia. (Unsplash/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Selama Work From Home (WFH), baru kerja sedikit saja sudah capek. Mau gerak untuk ini malas, mau mengerjakan itu ditunda-tunda terus. Mau produktif sedikit, tidurnya banyak.

Pokoknya selama di rumah, rasanya mudah sekali capek, kenapa ya?

Penasaran enggak sih, kenapa kamu mudah sekali lelah hampir di setiap hari?

Banyak ide-ide di dalam otak, tapi baru bekerja sedikit rasanya sudah ingin kembali tidur lagi.

Sepertinya kamu kehilangan sumber energi, deh. Terus gimana cara bangkitin energinya lagi?

Jadi begini, ada jam-jam tertentu yang harus kamu perhatikan dan kamu lalukan di waktu yang tepat supaya energi kamu kembali dan rasa lelahmu hilang. 

Dimulai dari pukul 7 pagi

Bangun pagi hari cenderung membuat pikiran jadi lebih segar. Terbiasa bangun di pagi hari berarti kamu sudah punya pola tidur yang baik. Setelah bangun pagi, jangan lupa untuk sarapan.

Dikarenakan waktu kerja di Indonesia rata-rata dimulai sekitar pukul 7 - 8 pagi, para ahli gizi menyarankan waktu untuk sarapan dilakukan sebelum jam 9. 

Berjemur juga bisa meningkatkan semangat. Sinar matahari akan menghambat melatonin, hormon yang membuat kamu jadi cepat mengantuk. 

Pukul 9 pagi, Beauty, ayo gerak!

Selama WFH, waktu luang terasa lebih banyak karena semua dilakukan dari rumah. Di sela-sela bekerja, kamu bisa melakukan hobi seperti bikin cemilan homemade (popcorn, salad buah, cookies) kalau bisa pilih yang berkarbohidrat tinggi untuk menjagamu tetap fokus sepanjang hari.

Olahraga kecil juga bisa dilakukan pada jam segini, lho. Sinar matahari sedang ramah-ramahnya. Berolahraga 10 sampai 30 menit sudah cukup, kok.

Pada moment menjelang siang ini lah saat yang tepat untuk over thinking sedikit perihal kemarin, karena di malam hari, otakmu seharusnya sudah istirahat. 

Jika kamu ada masalah, mulai bertanya pada diri sendiri dengan akal sehat. Apakah ini memang salahmu? Atau salah orang lain? Atau salah keadaan?

Jika memang salahmu, berani mengakuinya dan meminta maaf.

Jika itu salah orang lain atau keadaan, cukup jauhkan dirimu dari masalah tersebut.

Jangan pernah memaksa seseorang untuk meminta maaf kepadamu. Karena hal yang dipaksa belum tentu berakhir mengenakkan.

Mulai ubah pandanganmu terhadap masalah tersebut, berpikir positif dan terus optimis!

Pukul 1 hingga 3 sore, kalau lelah, gapapa istirahat dulu saja

Saat menjelang makan siang, pilihlah makanan yang sehat dan kurangi penggunaan minyak. Pilih makanan berat yang bergizi dengan porsi yang pas.

Keseimbangan dalam hidup adalah hal yang terpenting. Beauty sudah produktif sejak pagi, maka jangan lupa untuk istirahat sebelum melanjutkan aktivitas kembali.

Selepas makan siang memang suka datang efek mengantuk. Gapapa untuk tidur siang sebentar, kira-kira 20 menit saja sebelum tubuh kamu merespon rasa malas lagi.

Malam tiba, pukul 7 saatnya untuk cooling down

Saatnya menambahkan sayur mayur ke menu makan malam. Kandungan vitamin, mineral, serat, serta antioksidan sangat penting untuk menjaga kesehatan jantung dan melawan penyakit.

Olahraga yang kamu lakukan di pagi hari, membuatmu bisa lebih nyenyak untuk tidur. Jangan paksakan matamu untuk bekerja di bawah cahaya yang redup atau di depan monitor pada malam hari. Cahaya-cahaya yang masuk ke matamu dapat menghambat rasa kantuk dan memaksa matamu terjaga hingga larut, padahal mata dan organ tubuhmu juga butuh istirahat. 

Jika kamu memiliki masalah pola tidur, jangan mengkonsumsi minuman yang mengandung kafein seperti kopi, soft drink, dan teh.

Karena percuma, Beauty, kamu sudah cukup produktif hari ini tapi waktu tidurmu malah tertunda karena minuman berkafein.

Jangan sampai keesokan harinya kamu bangun telat lagi dan kembali bermalas-malasan.