Menu

5 Cara Jadi Pendengar Baik dalam Hubungan, Pasangan Jadi Makin Nempel!

06 September 2022 10:40 WIB

Man kissing woman.

HerStory, Bekasi —

Seperti diketahui, komunikasi menjadi salah satu fondasi penting agar hubungan tetap stabil dan sehat. Ada dua elemen dalam komunikasi yang harus dijalankan dalam sebuah hubungan, yaitu berbicara dan mendengarkan.

Banyak dari kita lebih sering berbicara namun hanya sedikit mendengarkan. Lalu, apakah hal ini yang dilakukan seseorang untuk menjadi pendengar yang baik? Tentunya enggak.

Nah, berikut adalah 5 cara menjadi pendengar yang baik dalam hubungan untuk pasangan.

1. Seringlah menjadi pendengar

Salah satu latihan agar menjadi seorang pendengar yang baik adalah dengan sering mendengarkan. Mungkin kamu suka berbicara, tetapi jangan lupa untuk menjadi pendengar juga.

Tidak ada salahnya ketika kamu harus menurunkan sedikit egomu dan memperbanyak kesabaran untuk menjadi pendengar yang baik. Jika hal tersebut sering kamu latih, maka secara alami kamu akan menjadi pendengar yang baik untuk pasanganmu saat ia berbicara.

2. Berkomunikasi dua arah

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa komunikasi dua arah merupakan hal penting. Dalam suatu hubungan, seringkali masalah komunikasi ini yang menyebabkan konflik-konflik hubungan bermunculan.

Maka dari itu, menjaga komunikasi dua arah antarpasangan penting untuk dilakukan agar hubungan menjadi lebih baik dan minim konflik.

3. Jangan suka menyela

Menyela pembicaraan bukanlah perilaku yang baik. Tidak hanya dengan pasangan, tetapi menyela pembicaraan kepada orang lain pun harus kita hindari.

Maka, ketika pasangan sedang mengutarakan perasaannya, tunggulah hingga selesai. Baru setelah itu kamu dapat menanggapinya. Hal ini karena ketika kita suka menyela, sikap tersebut sebenarnya menunjukkan bahwa kita adalah seorang yang kasar saat berbicara.

4. Harus selalu bersabar

Sabar adalah salah satu modal terbaik untuk menjadi pendengar yang baik. Kesabaran ini tentunya harus kita miliki dalam jumlah yang sangat banyak, apalagi setiap pasangan kita sedang mengeluhkan sesuatu yang terjadi padanya. Untuk melatih kesabaran ini, dapat kita lakukan dengan berlatih pernapasan.

5. Berikan tanggapan yang baik

Sebagai pendengar yang baik, kita juga harus responsif. Dalam hal ini responsif bukan berarti mudah menghakimi saja. Akan tetapi, kamu harus menjawab pertanyaan dengan berhati-hati sesuai apa yang pasanganmu tanyakan.

Terkadang, menjawab dengan kata 'ya' atau 'tidak' saja itu tidak cukup. Maka libatkan dirimu dalam percakapan dua arah dengannya.

Demikian 5 cara menjadi pendengar yang baik dalam hubungan untuk pasangan.