Menu

Mesti Waspada, Ini Ciri-ciri Teman Muka Dua yang Harus Dihindari! Nomer 4 Nyakitin Banget!

08 September 2022 11:25 WIB

Ilustrasi teman manipulatif. (Shutterstock/Edited By HerStory)

HerStory, Jakarta —

Supaya hidup kamu tetap terjaga dan tak merugi, kamu harus mewaspadai orang-orang di sekitarmu. Kamu harus tahu mana orang yang bermuka dua dan mana yang benar-benar tulus denganmu.

Jangan sampai, hal ini bisa mempengaruhi kehidupanmu kedepannya dan malah membuat jalanmu tambah sulit.

Lalu, bagaimana sih ciri-ciri orang dengan muka dua yang perlu kita waspadai? Yuk gulir terus untuk lihat 4 ciri-cirinya dan bisa kamu hindari, Beauty!

1. Berlebihan dalam Memuji

Ciri pertama, berlebihan dalam memuji. Bisa saja, pujian bukan benar-benar diungkapkan dari hari terdalam, tapi hanya ingin memperoleh simpati kamu. Biasanya orang dengan sikap seperti ini secara diam-diam akan menusuk dari belakang.

Bila kamu memiliki kepekaan perasaan, akan lebih mudah membedakan antara seseorang yang benar-benar memuji atau hanya manis di mulut saja. Sebaiknya lebih berhati-hati dengan seseorang yang bersikap manis hanya dimuka saja.

2. Gemar Membicarakan Rahasia Orang Lain

Ciri teman bermuka dua selanjutnya adalah gemar membicarakan rahasia orang lain. Ketika mereka membicarakan rahasia orang lain di depan kamu, kemungkinan hal serupa juga dilakukannya kepada orang lain.

Jadi, ketika tak bersama kamu, ada kemungkinan mereka membicarakan rahasia yang kamu miliki kepada orang lain. Jangan remehkan orang dengan ciri seperti ini, karena bisa saja apa yang mereka sampaikan kepada orang lain dilebih-lebihkan.

3. Cenderung Plin Plan

Teman bermuka dua cenderung plin plan, tak konsisten atau berubah-ubah terhadap apa yang dikatakannya. Hal seperti ini biasanya sengaja dilakukan untuk mengecoh lawan bicara.

Karena apa yang dikatakannya belum tentu mengandung kebenaran, sebaiknya kamu jangan menerima mentah-mentah ucapan mereka. Pastikan dengan baik terlebih dahulu apakah yang mereka ucapkan adalah fakta atau hanya dilebih-lebihkan saja.

4. Berpura-pura Menolong, Tapi Ternyata Menjatuhkan

Ciri terakhir yaitu berpura-pura menolong, tapi ternyata menjatuhkan. Teman yang bermuka dua cenderung tak menyukai orang lain bahagia karena perasaan mereka sudah dipenuhi dengan dengki dan iri.

Sedangkan ketika orang lain mengalami kesulitan, mereka sangat menyukainya. Jadi, ketika ada orang lain yang terkena sebuah masalah, mereka hanya akan berpura-pura menolong untuk menarik simpati agar terlihat perduli, padahal kenyataannya ingin menjatuhkan.

Nah, itulah empat ciri teman bermuka dua yang perlu kamu waspadai. Jangan memaksakan diri untuk tetap intens komunikasi atau menjalin hubungan dengan teman yang bermuka dua. Ketika menemukan ciri teman bermuka dua, posisikan diri kamu menjaga jarak untuk menghindari hal-hal tak diinginkan terjadi di kemudian hari.