Menu

Catat! Ini Moms Bahaya dan Manfaat Terasi Bagi Kesehatan Tubuh, Enak Sih tapi Bisa Bikin...

09 September 2022 12:45 WIB

Ilustrasi sambal terasi. (Pinterest/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Biasanya, para ibu rumah tangga memakai terasi untuk menambahkan cita rasa pada makanan mereka. Apakah Moms salah satu pecinta sambal terasi atau makanan yang diolah menggunakan terasi? Kalau iya, pastikan penyedap itu sudah terdaftar di BPOM dan aman untuk di konsumsi ya!

Terasi merupakan jenis makanan yang telah difermentasikan. Terasi biasanya di produksi oleh warga pesisir pantai dengan bahan baku udang. 

Pembuatan terasi membutuhkan waktu yang lama jika sudah termasuk ke dalam fermented food, harusnya terasi dapat bertahan lama tanpa menggunakan pengawet.

Namun, berdasarkan penelitian yang pernah dilakukan BPOM di Bandung pernah memeriksa beberapa terasi yang mengandung Rhodamin-B. 

Rhodamin-B merupakan zat warna yang digunakan pada industri tekstil dan kertas. Rhodamin-B termasuk bahan yang berbahaya bagi kesehatan. 

Dilansir dari purnamalab.com, ciri-ciri pangan yang mengandung rhodamin B antara lain warnanya cerah mengkilap dan lebih mencolok, terkadang warna terlihat tak homogen (rata), ada gumpalan warna pada produk, dan bila dikonsumsi rasanya sedikit lebih pahit. 

Bahaya Rhodamin B bagi Kesehatan menurut WHO, rhodamin B berbahaya bagi kesehatan manusia karena sifat kimia dan kandungan logam beratnya. Rhodamin B mengandung senyawa klorin (Cl).

Senyawa klorin merupakan senyawa halogen yang berbahaya dan reaktif. Rhodamin juga bersifat karsinogen yang menyebabkan kanker kuat, selain itu dapat menyebabkan gejala pembesaran hati dan ginjal, gangguan fungsi hati, kerusakan hati, gangguan fisiologis tubuh, atau bahkan bisa menyebabkan timbulnya kanker hati.

Di sisi lain, terasi yang berasal dari udang yang diproses secara benar memiliki manfaat yang baik bagi tubuh. Seperti yang kita ketahui bahwa udang mengandung sumber protein hewani, sedikit lemak jenuh, vitamin B dan vitamin D yang baik untuk tubuh kita.

Selain itu, terasi juga mengandung zinc, forfor, dan kalsium yang cukup tinggi. Berikut beberapa manfaat terasi yang dilansir dari timefoodie:

1. Terasi mengandung vitamin D dan fosfor yang dapat meningkatkan kesehatan tulang, mencegah osteoporosis dan menurunkan risiko patah tulang.

2. Terasi udang mengandung tryptophan, yang membantu mengeluarkan serotonin, hormon yang meningkatkan mood.

Udang mengandung vitamin B12 dan omega-3, yang meningkatkan fungsi otak.

3. Terasi rendah kalori dan tinggi protein, ini bisa menjadi tambahan yang baik untuk diet penurunan berat badan.

4. Terasi memiliki kandungan kalsium yang tinggi dan penelitian mengatakan bahwa terasi dapat membantu melindungi gigi dari pembusukan.

5. Mengandung antioksidan yang disebut astaxanthin, yang berkhasiat meningkatkan kesehatan kulit sehingga mencegah keriput dan melindungi dari kerusakan akibat sinar matahari.