Menu

Dear Ibu Bekerja, Trik Ampuh Ini Bisa Bikin Tenang Si Kecil yang Sering Rewel saat Ditinggal Ngantor, Catat Baik-Baik Ya!

15 Oktober 2020 07:00 WIB

Working moms (Unsplash/Sai De Silva)

HerStory, Jakarta —

Menjadi seorang ibu bekerja itu enggak mudah ya, Bu. Terlebih lagi, kamu harus rela meninggalkan si kecil di rumah untuk bekerja di kantor atau di luar kota. Bu, sering merasa bersalah dan sedih enggak sih kalau mendengar si kecil nangis saat mau berangkat kerja? Hati begitu tersayat dan enggak rela meninggalkannya, tapi kamu harus memenuhi tanggung jawab sebagai seorang pekerja.

Si kecil yang sering menangis atau rewel saat ditinggal bekerja, kadang membuatmu jadi enggak fokus dalam pekerjaan yang diberikan ya, Bu. Memang sih enggak mudah memberi perhatian kepada si kecil mengenai peranmu sebagai ibu yang bekerja. 

Apalagi kalau si kecil masih sangat bergantung denganmu sebagai ibunya. Tapi, kamu enggak perlu khawatir, hal itu bisa diatasi kok. Ada beberapa trik yang bisa kamu lakukan untuk menenangkan si kecil biar enggak rewel saat ditinggal bekerja. Merangkum dari berbagai sumber, Kamis (15/10/2020), berikut empat di antaranya.

Sebelum ngantor, habiskan waktu bersamanya

Sebelum berangkat bekerja alias ngantor, habiskan waktu bersamanya. Luangkan waktu sebentar untuk bermain dengannya, di samping mempersiapkan kebutuhannya dan suami ya, Bu.

Oleh karena itu, kamu perlu bangun lebih awal agar bisa memiliki waktu untuk mengajak si kecil bermain di halaman, sebelum pergi bekerja. Dijamin, si kecil enggak bakal rewel lagi dan mengerti kalau kamu sudah harus berangkat kerja.

Berikan kecupan spesial

Sebelum berangkat bekerja dan saat berpamitan dengannya, berikan kecupan dan pelukan hangat untuk si kecil. Ritual ini bisa kamu lakukan ketika pagi hari sebelum berangkat dan setelah pulang di sore hari. Ritual dengan kecupan yang unik, akan membuatnya merasa bahagia.

Biarkan si kecil sibuk bermain

Untuk mengalihkan perhatiannya biar enggak rewel saat melihat kamu berangkat bekerja, biarkan dia sibuk dengan mainannya sendiri. Bu, tentu anakmu memiliki beberapa mainan favoritnya di rumah bukan? Kamu bisa memberikan hal itu untuk membuat perhatiannya kepadamu teralihkan.

Video call

Kalau si kecil masih rewel saat kamu sudah sampai di kantor, cobalah lakukan video call dengan si kecil. Minta bantuan pengasuh atau keluarga yang menjaganya di rumah. Buatlah dirimu tetap terhubung dengannya meski dari jarak jauh sekali pun, dengan begitu si kecil akan selalu merasa dekat denganmu.

Yuk tiru, semoga bermanfaat!