Menu

4 Gejala Stroke yang Seringkali Diabaiakan, Hati-hati Moms!

09 September 2022 23:59 WIB

Ilustrasi pusing (Freepik/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Moms tentu sudah tak asing dengan penyakit stroke, bukan? Berdasarkan data WHO, Indonesia merupakan negara nomor 2 dengan pasien stroke paling banyak di dunia. Kondisi ini bisa disebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat, seperti merokok, alkohol dan kurang olahraga.

Dilansir dari Health Line, terdapat beberapa tanda-tanda stroke yang wajib diwaspadai. Apa saja? Langsung aja simak ulasan berikut ini.

1. Badan mendadak lemas   

Pertama, badan merasa lemas atau mati rasa pada lengan, atau wajah adalah tanda umum dari stroke, terutama bila hanya terjadi pada satu sisi tubuh. Bila tersenyum dan melihat ke cermin, kamu mungkin akan menyadari bahwa salah satu sisi wajah terlihat turun.

Selain itu, apabila mengangkat kedua tangan, kamu akan mengalami kesulitan mengangkat salah satu tangan. Tergantung pada tingkat keparahan stroke, kamu juga mungkin mengalami kelumpuhan pada satu sisi tubuh.

2. Mendadak gelisah dan bingung

Stroke juga bisa menyebabkan kebingungan yang tiba-tiba. Selain itu seseorang akan mudah gelisah atau kesulitan berbicara. Contohnya, bila sedang mengobrol dengan seoarng teman, tiba-tiba kamu mengalami kesulitan berbicara, berpikir, atau memahami ucapan.

3. Gangguan penglihatan

Karena lemasnya salah satu sisi tubuh, kamu akan mengalami gangguan penglihatan pada satu atau kedua mata. Selain itu juga mungkin mengalami kesulitan saat berjalan, kehilangan keseimbangan, atau pusing.

4. Mendadak sakit kepala

Bila tiba-tiba mengalami sakit kepala berat tanpa penyebab yang jelas, bisa jadi kamu mungkin mengalami stroke. Sakit kepala ini bisa dibarengi dengan pusing atau muntah.

Jika kamu mengalami salah satu gejala di atas, sebaiknya jangan ragu untuk periksa ke dokter ya Moms. Semakin cepat mendapat diagnosa, maka pengobatan bisa dilakukan dengan cepat dan tepat juga.

Share Artikel:

Oleh: Sri Handari