Menu

Hati-hati, 3 Hal Ini Ternyata Dapat Berbahaya Jika Dilakukan Saat Menstruasi!

15 Oktober 2020 15:00 WIB

ilustrasi wanita sedang menstruasi (Pinterest/Inspirehealthandspirit)

HerStory, Jakarta —

Setiap wanita tentu akan mengalami masa datang bulan atau yang biasa disebut menstruasi atau haid. Menstruasi atau haid ini merupakan siklus wajar yang dialami wanita yang memiliki kondisi kesehatan normal.

Banyak hal terjadi pada tubuh selama periode awal, sebelum, atau bahkan setelah mengalami datang bulan. Mulai dari nyeri kram perut, mood swing, nafsu makan yang tinggi dan lain sebagainya. 

Namun tahukah Beauty, ketika sedang mengalami siklus datang bulan tersebut ada beberapa hal yang enggak boleh Beauty lakukan lho. 

Berikut ini HerStory rangkum tiga hal yang ternyata dapat berbahaya jika dilakukan saat datang bulan atau menstruasi. Melansir dari laman cewekbanget.grid, Kamis (15/10/2020), yuk simak ulasan berikut.

Minum kopi

Sudah menjadi hal yang wajar ketika menstruasi, mood cewek memang kerapkali berubah-ubah dan cenderung gampang bad mood. Saat sedang mengalami hal tersebut, beberapa orang biasanya akan memilih untuk mengonsumsi kafein agar lebih semangat untuk menjalani harinya.

Padahal mengonsumsi kopi dapat mendatangkan beberapa efek samping yang enggak baik untuk tubuh, seperti perut jadi lebih kembung, rasa nyeri haid lebih terasa, memicu insomnia yang membuat waktu istirahat berkurang.

Malas ganti pembalut

Beberapa dari Beauty tentu pernah mengalami rasa malas ketika harus mengganti pembalut saat menstruasi. Hal tersebut nggak boleh dilakukan ya Beauty, karena itu hanya akan memicu timbulnya jamur dan bakteri jahat di area vagina. Nantinya akan timbul penyakit-penyakit organ reproduksi yang berbahaya.

Mengabaikan warna darah

Warna darah yang keluar pada saat menstruasi dapat menjadi indikator apakah organ reproduksi Beauty sehat dan normal atau justru terdapat penyakit yang serius. Ada baiknya jika Beauty mencari tahu berbagai informasi mengenai warna darah pada saat menstruasi ya!

Semoga bermanfaat!