Menu

Catat, Ini 10 Makanan Terburuk untuk Kesehatan Miss V, Nomer 6 dan 8 Pasti Banyak yang Gak Nyangka Nih!

12 September 2022 12:05 WIB

Ilustrasi menjaga kesehatan organ intim wanita. (unsplash/Timothy Meinberg)

HerStory, Bogor —

Beauty, kamu mungkin sudah tahu bahwa apa yang kamu makan dapat memengaruhi tingkat energi, kulit, suasana hati, kesehatan usus, dan semua yang ada di tubuh. Tak terkecuali, termasuk bagian kewanitaanmu, lho Beauty.

Beberapa makanan yang kaya probiotik dan antioksidan seperti ubi jalar diklaim dapat meningkatkan kesehatan vagina atau Miss V. Di luar itu, ada juga beberapa makanan yang tak mampu menjaga keseimbangan bakteri di Miss V-mu.

Dan melansir Eat This, Senin (12/9/2022), berikut 10 makanan terburuk untuk kesehatan Miss V-mu, Beauty, yuk simak!

1. Gula

Menurut Dr. Sunitha D. Posina MD, seorang internis bersertifikat dan locum hospitalist di New York, gula pada permen dan makanan lainnya meningkatkan pertumbuhan ragi Miss V, karena Miss V melepaskan sekresi yang mengandung gula, yang membuka jalan bagi ragi untuk menumpuk di daerah yang lembab.

Gula juga dapat mengubah tingkat pH Miss V, yang dapat memicu lebih banyak jamur dan pertumbuhan bakteri di Miss V.

2. Makanan Olahan

Maaf Beauty, tapi sekarang lah waktunya untuk kamu membuang makanan ringan kemasan.

“Makanan yang diproses, seperti permen kemasan, popcorn, daging asap, susu, dan buah-buahan kering, dapat memengaruhi sistem kekebalan Anda, dan jika sistem kekebalan Anda tertekan oleh nutrisi Anda, ini dapat menyebabkan bakteri memenuhi area tersebut, menyebabkan gatal-gatal. , infeksi, termasuk bakterial vaginosis," kata Dr. Posina.

3. Daging dan Susu dengan Pengawet

Dikatakan Dr. Posina, ketika kamu makan daging atau mengonsumsi produk yang berasal dari hewan yang telah diresapi dengan hormon pertumbuhan seperti xenoestrogen, yang termasuk dalam kelompok xenohormon, maka senyawa biasanya dibuat secara artifisial untuk meniru karakteristik hormon.

Dan ini sebenarnya dapat mengganggu fungsi endokrin dan jalur estrogen ke Miss V, sehingga rentan terhadap infeksi.

4. Alkohol

Alkohol berlebih dapat membuat sistem tubuhmu dehidrasi, dan seperti reaksi di mulut dan sampai batas tertentu kulit Miss Vmu juga bisa mengalami dehidrasi jika kamu minum terlalu banyak tanpa mengonsumsi air.

"Terlalu banyak alkohol juga dapat mempengaruhi pengalaman seksualmu karena Miss V memiliki waktu yang lebih sulit untuk melumasi diri sendiri sebelum melakukan hubungan seksual," tambah Dr. Posina.

5. Makanan Tinggi Lemak dan Berminyak

Makanan cepat saji, seperti burger keju dan kentang goreng, dapat memperburuk kesehatan Miss V-mu juga, Beauty.

"Lemak tinggi—terutama makanan yang digoreng—dapat memengaruhi keseimbangan bakteri di Miss V dan juga dikaitkan dengan risiko lebih tinggi terkena bakterial vaginosis," kata Vandana Sheth, RDN, CDCES, FAND.

BV adalah infeksi bakteri yang dapat menyebabkan bau busuk dan ketidaknyamanan.

6. Roti Putih

Jika kamu membutuhkan alasan lain untuk membuang roti putih dan memilih gandum utuh, ini dia saatnya.

"Karbohidrat olahan dapat menyebabkan lonjakan cepat gula darah dan ini dapat meningkatkan risiko bakterial vaginosis atau mengembangkan infeksi jamur," kata Sheth.

7. Asparagus

Makan asparagus mungkin lebih dari sekadar membuat urin berbau. Ini juga dapat memengaruhi pH Miss V yang membuatnya lebih rentan terhadap infeksi, kata Sheth.

8. Kopi

Secangkir kopi itu baik untuk otakmu, Beauty, tetapi mungkin tak baik untuk Miss Vmu.

"Kopi dapat berdampak negatif pada kemampuan tubuh kita untuk melawan candida dan meningkatkan risiko infeksi jamur," kata Sheth.

9. Steak

Steak tinggi lemak jenuh, yang dapat menyebabkan peradangan. Dan itu tak ideal untuk kesehatan Miss V.

"Peradangan umum secara negatif mengubah kemampuan sistem kekebalan tubuh untuk melawan infeksi, meningkatkan risiko tertular infeksi Miss V," kata Felice Gersh, MD, pemenang penghargaan OB/GYN dan pendiri/direktur Integrative Medical Group of Irvine, di Irvine, CA dan penulis Jalur Cepat Kesuburan PCOS SOS.

10. Minuman Pemanis Buatan

Minuman dengan pemanis buatan merusak penghalang usus, meningkatkan risiko usus bocor. Usus bocor melepaskan sitokin inflamasi, yang bahkan dapat menyebabkan kecemasan dan depresi yang meningkat.

"Ada hubungan antara masalah mood dan kesehatan Miss V. Masalah mood akan menurunkan libido, yang pada gilirannya secara tidak langsung dapat berdampak pada kesehatan Miss V," kata Gersh.

Artikel Pilihan