Menu

Moms, Yuk Coba Terapkan Deretan Pola Asuh Ala Negara Jepang untuk Buah Hati!

15 Oktober 2020 17:05 WIB

Keluarga Jepang. (DetikNews/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Menjadi orang tua memang bukanlah sebuah tugas yang mudah karena ketika sudah memiliki anak maka orang tua memiliki peranan penting serta tanggung jawab yang besar salah satunya adalah mengasuh. Tetapi, dengan perkembang zaman yang semakin maju, kita menjadi lebih mudah beleaja dari berbagai sumber.

Salah satu sumber yang bisa kita jadikan contoh yang baik dalam mengasuh anak adalah negara Jepang. Tentu Moms sudah tahu, kan, kalau negara Jepang terkenal dengan disiplin dalam nilai kebudayaan hingga pola mengasuh anak mereka. Nah, berikut ini adalah deretan pola asuh anak ala negara Jepang!

Menghargai Perasaan Anak

Untuk orang tua di negara Jepang sangat menghargai serta memerhatikan emosi serta perasaan anak-anak mereka dan begitu juga sebaliknya. Kemudian, pada anak usia 5 tahun ke bawah mereka dibebasan oleh orang tua mereka untuk melakukan segala hal yang mereka sukai, hal ini bisa membuat anak-anak tumbuh menjadi pribadi yang percaya diri. 

Anak Tanggung Jawab Utama Orang Tua

Selanjutnya, di negeri Sakura ini, banyak orang tua yang enggak ingin anak-anak mereka dimasukkan ke taman kanak-kanak sebelum usia mereka genap tiga tahun. Karena mereka merasa bahwa anak-anak mereka merupakan tanggung jawab penuh dari orang tua masing-masing, bahkan mereka enggak menyewa pengasuh khusus atau meminta bantuan pada kerabat untuk mengasuh anak mereka.

Hal ini sangat baik untuk dilakukan sebagai bukti bahwa di dalam keluarga terdapat orang tua dan juga anak yang bisa saling mendukung satu sama lain.

Mendidik dengan Keteladanan

Hal yang bisa kita pelajari dari negara Jepang selanjutnya adalah mendidik anak dengan keteladanan. Orang tua di Jepang enggak memiliki kebiasaan dalam memanjakan anak-anak mereka, pada umumnya mereka akan langsung menunjukkan dan memberikan contoh untuk melakukan hal yang baik dan benar kepada anak. Hal ini dilakukan karena mereka yakin bahwa orang tua adalah cerminan bagi anak.

Kedekatan Ibu dan Anak

Selanjutnya, di Jepang, anak dan ibu ternyata memiliki ikatan tersendiri, lho! Hal ini terjadi karena sedari kecil anak-anak sering tidur bersama dengan ibu mereka dan pada zaman dahulu, ibu yang bekerja di lading akan membawa serta anak mereka bekerja sambil menggendongnya di punggung mereka.

Wah, keren ya, Moms! Semoga informasi ini bisa bermanfaat ya!

Artikel Pilihan