Menu

Bisa Jadi Ide Habiskan Akhir Pekan, Ini 7 Daftar Kuliner yang Wajib Kamu Coba Jika Berkunjung ke Bali! Nomor 2 Jangan Sampai Dilewatkan!

16 September 2022 10:45 WIB

Ayam Betutu Khas Bali (ResepIstimewa)

HerStory, Jakarta —

Ketika ingin melepas penat dan stres, pulau Bali adalah tujuan destinasi wisata yang seringkali menjadi pilihan karena keindahan alamnya. Selain itu, makanan khas dari pulau ini pun gak kalah menarik untuk dinikmati.

Bahkan, banyak turis mancanegara yang ikut menikmati kuliner khas rakyat Bali yang lezat selain berkunjung untuk menikmati keindahan alamnya.

Merangkum dari beberapa sumber, berikut ini ada beberapa daftar makanan khas Bali yang wajib kamu coba Beauty, simak yuk!

1. Sate Lilit Bali

Kuliner yang satu ini begitu sangat identik dengan pulau Bali. Sate lilit berbeda dengan kebanyakan sate-sate lain, umumnya yang biasanya ditusuk dan dalam penyajiannya disuguhkan dengan menggunakan bumbu kacang. Sate lilit khas Bali ini disajikan dengan cara yang cukup berbeda, yaitu dengan melilitkan adonan sate yang telah dicampur dengan bumbu khas, dan juga pada saat  menyajikannya biasaya dihidangkan bersama dengan sambal khas Bali. Akan terasa lebih nikmat apabila ditemani dengan sayur plecing.

Biasanya daging yang digunakan untuk membuat sate lilit khas Bali ini yaitu daging ikan tuna dan juga daging ayam. Dalam proses pembuatan sate lilit ini hanya butuh untuk menghaluskan daging, yaitu  dengan cara menggilingnya lalu campurkan dengan bumbu yang terdiri dari bawang merah, serai, daun jeruk, dan juga bawang putih. Kemudian adonan yang sudah tercampur secara merata, dililitkan ke tusuk sate, lalu setelah itu di panggang hingga matang.

2. Ayam Betutu

Betutu merupakan salah satu hidangan khas Bali, yaitu berupa ayam atau bebek bisa dikukus dan bisa juga dipanggang, yang dicampurkan bersama dengan rempah-rempah yang kaya akan citarasa khas Betutu. Hidangan pedas dan penuh rempah yang satu ini sangat terkenal dan menjadi salah satu makanan favorit di Bali dan Lombok. 

Campuran dari rempah-rempah Betutu yang terdiri dari bawang merah, bawang putih, kunyit, jahe, jahe liar, lengkuas, kemiri, cabai, terasi, dan juga kacang, semuanya ditumbuk sampai halus dengan menggunakan ulekan. Bumbu yang sudah dihaluskan tersebut kemudian ditumis dan dioleskan pada ayam atau bebek yang hendak dimasak.

3. Sambal Matah

Nah, untuk makanan yang satu ini juga biasanya disajikan bersama dengan nasi campur. Bahkan saking terkenalnya, sekarang juga banyak disajikan dengan beraneka ragam makanan lain, misalnya seperti ayam geprek sambal matah yang sudah menjamur di seluruh Indonesia.

4. Nasi Jinggo

Daftar makanan khas Bali selanjutnya yaitu adalah nasi Jinggo, pilihan kuliner yang satu ini bisa menjadi salah satu makanan khas Bali malam hari saat kamu tiba-tiba saja kelaparan lho. Sekilas, mungkin nasi jinggo ini mirip sekali dengan nasi bantingan dan juga nasi kucing dari Jawa. 

Nasi yang dibungkus menggunakan daun pisang dan berisi ayam suwir, telur dan juga beberapa lauk lainnya ini bisa kamu nikmati dengan harga mulai dari 5ribuan aja. Wahh, murah meriah banget kan Beauty? dan pastinya bisa menjadi pemadam kelaparan paling pas ketika tengah malam kan? 

Walaupun demikian, kamu juga masih bisa menemuinya di pagi sampai sore hari lho. Mampir saja ke Warung Wikowi. Ada banyak sekali pilihan menu pendamping yang bisa kamu pesan juga di sana.

5. Bulung Kuah Pindang

Daftar kuliner selanjutnya yang bisa kamu cicipi saat berlibur ke pulau Bali yaitu Bulung Kuah Pindang. Untuk membuat masakan bulung kuah pindang ini, banyak sekali bahan yang harus dipersiapkan. Diantaranya yaitu ada kacang tolo, kedelai, jahe, terasi bakar, dan masih banyak lagi lainnya. Dari banyaknya bahan yang dibutuhkan tersebut, yang paling utama dan penting yaitu adanya ikan tuna atau ikan tongkol, dan juga rumput laut hijau.

6. Nasi Campur Bali

Nasi campur Bali juga bisa kamu nikmati sebagai salah satu makanan khas Bali. Sama seperti namanya, yaitu menu makanan ini juga terdiri dari beberapa bahan utama seperti nasi putih, sate lilit khas Bali, ayam suwir yang sudah dilengkapi pula dengan bumbu base genep Bali, urap, lawar ayam, sambal matah serta sambal embe.

Dari beragam macam campuran bahan baku tersebut, membuat menu makanan nasi campur Bali ini selalu menawarkan citra rasa yang sangat nikmat dan pastinya bisa membuat lidah kamu tak akan kecewa.

7. Tum Ayam

Hidangan ayam khas Bali yang juga wajib kamu coba ialah Tum Ayam, masakan ini hampir mirip dengan pepes ayam khas Bali yang begitu nikmat.

Bumbu yang dibutuhkan untuk membuat tum ayam ini yaitu terdiri dari bawang, jahe, kunyit, lengkuas, cabai, kemiri, kencur, yang kemudian dihaluskan lalu ditumis sebentar bersama dengan ayam. Ayam yang sudah dimasak setengah matang kemudian dibungkus menggunakan daun pisang, lalu dikukus sampai matang dan siap untuk disantap bersama dengan nasi hangat.

Nah, itulah tadi beberapa daftar kuliner makanan khas Bali, yang wajib banget kamu cobain ketika sedang berkunjung atau berlibur kesana ya, semoga bermanfaat Beauty!