Menu

Ngaruh pada Kehamilan, Begini Cara Membedakan Sperma Subur dan Gak, Buruan Kasih Tahu PakSu Deh Moms!

19 September 2022 20:20 WIB

Melakukan seks di meja (Getty Images/Fabio Formaggio)

HerStory, Jakarta —

Kesuburan pasangan suami istri adalah hal penting, apalagi kalau sedang mendambakan buah hati. Enggak hanya wanita, pria juga penting melakukan tes kesuburan untuk memastikan spermanya berkualitas baik atau enggak.

Sperma merupakan cairan dalam tubuh pria yang paling berpengaruh pada kulitas dan produktivitas proses reproduksi. Sudah tahu belum bagaimana cara membedakan sperma subur dan enggak subur?

Melansir dari berbagai sumber (19/9/2022), berikut ini beberapa cara membedakan sperma subur atau enggak yang harus diketahui. Yuk, simak baik-baik, ya!

Kekentalan sperma

Kekentalan sperma selalu menjadi ukuran yang mewakili kesehatan atau kesuburan sperma. Sel sperma yang enggak subur biasanya encer.

Kalau sperma pria terlalu encer dalam jangka waktu yang cukup lama, sebaiknya segera melakukan cek kesehatan ke dokter supaya mendapatkan penanganan yang tepat.

Jumlah sel sperma

Jumlah sperma juga bisa menjadi tanda untuk menilai subur atau enggak. Kisaran jumlah sperma yang subur dan sehat biasanya mencapai 15 juta sel per 15 juta mililiter.

Jumlah sel sperma itu bisa kamu ketahui dengan melakukan serangkaian tes di rumah sakit. Jika sel sperma kurang dari 15 juta, berarti bisa jadi tanda enggak subur.

Warna sperma

Melihat warna sperma dinilai menjadi langkah yang paling mudah untuk mengetahui sperma subur atau enggak.

Sperma yang subur dan sehat umumnya berwarna putih keabuan yang hampir mirip dengan ingus ketika ejakulasi. Warna sperma yangg cenderung bening bisa jadi tanda sperma enggak subur.

Nah, itulah beberapa cara untuk mengetahui sperma subur atau enggak. Semoga bermanfaat!