Menu

Jangan Disepelekan! Ini 5 Cara Ampuh Sembuhkan Sariawan dengan Mudah, Cuss Langsung Buktikan!

20 September 2022 15:25 WIB

Ilustrasi sariawan (Pinterest/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Sariawan memang bukan penyakit mulut yang bisa menular. Namun, rasa sakitnya sangat luar biasa dan bisa mengganggu aktivitas sehari-hari karena tak nyaman.

Selain itu, timbulnya sariawan juga bisa jadi pertanda bahwa kesehatan rongga mulut sedang tak baik-baik saja dan gak boleh disepelekan.

Kondisi ini sebenarnya normal dan bisa menyerang siapa saja. Namun, Kamu harus mewaspadai luka yang terlihat tak wajar dan terlalu sering muncul. Luka yang muncul bisa jadi merupakan gejala dari kondisi lain yang lebih serius, seperti kanker mulut. Luka bisa berbentuk oval atau bulat dan berwarna putih atau kuning dengan tepi merah karena peradangan. Luka yang muncul mungkin satu atau lebih. 

Melansir halaman alodokter,  berikut beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk menyembuhkan sariawan yang membandel:

1. Menjaga kebersihan mulut

Menjaga kebersihan mulut dengan rutin menyikat gigi dengan menggunakan pasta gigi dan sikat gigi yang berbulu halus merupakan cara utama yang dapat Kamu lakukan untuk mengatasi sariawan

2. Cukupi asupan nutrisi 

Nutrisi yang buruk merupakan salah satu penyebab sariawan. Jadi, pastikan tubuh Kamu tercukupi nutrisinya, terutama vitamin B12, seng, zat besi, dan asam folat. Kamu bisa mendapatkan semua nutrisi ini dari sayuran dan buah-buahan. 

Jadi, kamu jangan malas untuk mengonsumsi sayuran dan buah-buahan.

3. Berkumur dengan air garam 

Beberapa orang memilih untuk mengurangi sariawan secara alami dengan berkumur dengan air garam. Meski kandungan air garam tak serta merta menggantikan fungsi obat kumur antiseptik, berkumur dengan air garam terkadang bisa meredakan nyeri akibat sariawan. Perlu diperhatikan, jangan menelan sisa kumur air garam di dalam mulut.

4. Hindari mengonsumsi makanan yang dapat memicu sariawan

Jika munculnya sariawan disebabkan oleh makanan pedas, asam dan panas, sebaiknya hindari mengonsumsi makanan tersebut untuk sementara waktu. Juga, hindari mengonsumsi makanan atau minuman yang sangat panas karena dapat memperparah luka dan memperlambat penyembuhannya.

5. Gunakan obat sariawan

Gunakan obat anti sariawan khusus yang dijual di apotek dalam bentuk krim, salep, gel, atau cairan. Beberapa obat ini sering mengandung antiseptik untuk mengobati infeksi mulut bakteri. Sedangkan untuk obat sariawan, dokter biasanya hanya meresepkan obat jika lukanya sudah parah dan obat yang dijual bebas tak berhasil.

Nah, itulah diatas beberapa cara mengatasi sariawan yang membandel. Namun, jika sariawan Kamu tak kunjung sembuh sebaiknya  segara periksakan diri ke dokter agar mendapatkan penanganan yang tepat.