Menu

Ahli Sebut Orang dengan ‘Kanker Mematikan’ Akan Merasakan Gejala Ini Pertama Kali, Duh Ngeri...

23 September 2022 13:55 WIB

Ilustrasi kanker Limfoma (Freepik.com/EditedByHerstory)

HerStory, Bogor —

Beauty, kita semua tahu jika kanker adalah penyakit yang ditakuti banyak orang. Kanker merupakan salah satu penyakit serius yang dapat menghabiskan waktu dan biaya.

Pertumbuhan kanker juga tergolong cepat dan perlu biaya mahal untuk mengobatinya. Namun, mencegah kanker ternyata enggak perlu biaya mahal. Kita bisa memulainya dengan gaya hidup yang dilakukan. 

Kamu juga mesti tahu Beauty, deteksi dini kanker sangat penting untuk pengobatan yang efektif, jadi menyadari tanda dan gejalanya itu hal yang sangat penting. Hal ini pula ditegaskan oleh kata Dr. Marc Romano, psikolog, praktisi perawat dan asisten direktur medis di Delphi Behavioral Health.

"Pertama dan terpenting, Anda harus mengesampingkan bahwa ada sesuatu yang salah," kata Dr. Marc Romano.

Dan dikutip dari Eat This, Jumat (23/9/2022), berikut adalah 5 gejala yang bisa menjadi kanker, menurut para ahli. 

1. Masalah Kencing

Perubahan pola kencing bisa menjadi tanda kanker prostat, dokter memperingatkan. 

"Semua jenis perubahan pada sistem kemih Anda bisa dicurigai," kata ahli urologi Daniel Kaplon, MD, FACS. 

Tandanya, ada perubahan aliran kencing, lebih sering buang air kecil, berhenti dan mulai atau melemahnya aliran, dan memiliki keinginan untuk buang air kecil di malam hari. 

Meskipun tak terlalu mengkhawatirkan, jangan abaikan rasa sakit atau terbakar saat buang air kecil. Jika kamu mulai ‘bocor’ saat tertawa , bersin, atau batuk, waspadalah ini bisa menjadi tanda yang sangat awal. Disfungsi ereksi yang baru mulai juga harus didiskusikan dengan dokter.

2. Kelelahan

"Kelelahan dapat berkembang sebagai gejala kanker darah, seperti leukemia, limfoma dan multiple myeloma, karena kanker ini dimulai di sumsum tulang, yang menghasilkan sel darah merah yang membawa oksigen ke seluruh tubuh," kata Eugene Ahn, MD.

Kelelahan juga bisa menjadi gejala kanker metastatik yang tidak terdiagnosis (kanker yang telah menyebar ke bagian lain dari tubuh). Ini lebih sering terjadi pada kanker yang biasanya tidak terdeteksi dini, seperti kanker paru-paru atau kanker ovarium.

3. Benjolan Payudara

Benjolan di payudara tak boleh diabaikan, kata dokter. Benjolan payudara akan terasa seperti massa berbeda yang terasa lebih padat daripada jaringan payudara yang lain.

Benjolan dapat berkisar dari ukuran kacang polong hingga lebih besar dari bola golf dan mungkin dapat digerakkan atau tidak, kata Dr. Jitesh Joshi, ahli onkologi medis di Houston Methodist Cancer Center. Di sisi lain, jaringan payudara normal akan terasa seperti jaringan berserat yang konsisten di seluruh payudaramu, Beauty.

4. Sakit di Perut Bagian Bawah

Nyeri tumpul atau nyeri di perut bagian bawah dan selangkangan bisa menjadi tanda kanker testis. 

"Gejala-gejala ini disebabkan baik secara langsung oleh kanker testis di skrotum, atau karena kanker menyebar dari testis dan pergi ke kelenjar getah bening di panggul dan perut," katamRodwell Mabaera, MD, PhD, direktur penelitian, Onkologi Genitourinari, Pusat Kanker Dartmouth. 

Ini kadang-kadang dapat disembunyikan, dan diabaikan karena cedera baru-baru ini atau cedera yang dirasakan. Setelah cedera yang jelas, rasa sakit apa pun yang tidak merespons istirahat atau perawatan yang dijual bebas dalam waktu 2 minggu harus dievaluasi oleh dokter.

5. Penurunan Berat Badan

Penurunan berat badan yang tak disengaja bisa menjadi pertanda sesuatu yang serius, kata para ahli. 

"Dalam penelitian yang meneliti penyebab penurunan berat badan yang tak disengaja, 5 hingga 37 persen pasien akhirnya didiagnosis menderita kanker," kata Dr. Richard Levine, Direktur Medis di Moffitt Cancer Center di International Plaza. 

Waspada selalu ya, Beauty!

Share Artikel:

Oleh: Riana Agustian

Artikel Pilihan