Menu

Jangan Sampai Kelewat, Simak 5 Alasan Penting Si Kecil Harus Sarapan, Salah Satunya Cegah Kebiasaan Jajan Moms!

23 September 2022 06:11 WIB

Ilustrasi sarapan. (pinterest/freepik)

HerStory, Jakarta —

Moms waktu sarapan di pagi hari kerap kali dianggap semata sering ditinggalkan, tapi ternyata sarapan sangat penting bagi si kecil lho, banyak manfaat yang akan didapat jika si kecil sarapan terlebih dahulu sebelum beraktivitas.

Kebiasaan sarapan yang dilakukan setiap pagi secara rutin dapat Moms terapkan bagi anak sejak dini. Orang tua adalah guru yang terbaik untuk mengajarkan pola hidup sehat bagi anak agar mereka dapat tumbuh dan berkembang secara optimal.

Alasan Pentingnya Sarapan untuk Anak

Kebiasaan buruk melewati sarapan harus diubah, berikut adalah lima alasan mengapa sarapan pagi penting bagi anak:

1. Sarapan adalah sumber energi pertama dan terbesar bagi anak

Setelah istirahat malam yang panjang, tentu perut akan menjadi kosong. Proses pembakaran kalori terjadi bahkan saat kita tidur, tetapi tentunya tak ada energi yang masuk. Badan akan menjadi seperti mobil yang tak ada bahan bakarnya. Mobil akan berhenti ketika dipaksa jalan tanpa bahan bakar, sama halnya badan anak akan lebih cepat lemas kalau tak diberikan asupan yang cukup di pagi hari.

Sarapan yang baik dan yang dapat memberikan energi adalah sarapan yang bergizi dan seimbang, lengkap dengan protein, sayur, dan karbohidrat kompleks agar anak terus berenergi dan tak mudah lapar.

2. Sumber zat besi baik seperti vitamin dan mineral

Selain sebagai sumber energi, sarapan juga penting karena anak-anak mendapatkan vitamin dan mineral yang belum tentu mereka dapatkan saat makan siang dan malam. Sarapan mempermudah untuk memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral yang diperlukan anak untuk dapat bertumbuh kuat.

Ketika gizi dan nutrisi anak terpenuhi, anak akan mempunyai daya tahan tubuh kuat dan mampu untuk menghindari anak dari beragam macam penyakit.

Terdapat beragam penelitian yang membuktikan bahwa anak-anak yang rutin mengkonsumsi sarapan yang sehat dan seimbang lebih cerdas dan sehat dibandingkan anak-anak yang melewati sarapan. Margarin Blue Band dapat Moms gunakan dalam sarapan anak karena mengandung 6 vitamin esensial (vitamin A, B1, B2, B3, D, dan E) dan lemak baik (omega 3 dan 6). Kebaikan zat gizi tersebut dalam sarapan tentu yang sangat penting untuk perkembangan dan pertumbuhan anak.

3. Membuat metabolisme tubuh bekerja dengan lancar

Banyak yang menganggap bahwa melewati waktu sarapan tak akan berdampak buruk dan bahkan dapat membantu untuk mengurangi berat badan. Namun kenyataannya bukan seperti itu. Melewati sarapan justru akan memperlambat metabolisme anak dan mempercepat penumpukan lemak yang akan membuat anak bertambah berat badan secara tak sehat.

Terdapat sebuah penelitian yang membuktikan bahwa mengkonsumsi sarapan yang bergisi secara teratur dapat mempercepat metabolisme tubuh sehingga kalori lebih mudah terbakar, lemak hancur lebih cepat, dan nutrisi dalam makanan lebih mudah dicerna oleh anak.

4. Mencegah kebiasaan jajan

Sarapan yang bergizi dan seimbang akan membuat anak merasa kenyang lebih lama. Tentunya karena anak merasa kenyang, keinginan untuk jajannya akan lebih berkurang. Banyak orang tua yang mensubstitusikan sarapan pagi dengan camilan dan atau jajanan. Walau tak ada salahnya untuk memberikan anak camilan, tetapi hal tersebut menjadi buruk dan bahkan bahaya ketika dijadikan sebagai pengganti sarapan. Camilan tak mempunyai gizi yang cukup untuk dijadikan energi bagi tubuh anak.

Kalau si kecil masih juga menginginkan jajanan atau camilan bahkan setelah diberikan sarapan, Moms dapat memberikannya roti gandum dengan margarin, apel, dan segelas susu. Buah-buahan juga dapat menjadi pengganti baik untuk camilan, terdapat banyak buah-buahan yang manis dan bernutrisi bagi anak.

5. Jadi ajang bonding dengan Moms

Tak hanya bernutrisi, tapi waktu sarapan bisa menjadi waktu dimana Moms dan anak-anak dapat berkumpul bersama untuk memulai hari. Moms bisa menyiapkan sarapan dengan beragam resep yang ada dari 21 Hari Rutinitas Bergizi, anak pun bisa ikut membantu menyiapkan sarapan. Waktu sarapan akan lebih menarik ketika anak juga dapat ikut membantu.

Lihat Sumber Artikel di The Asian Parent

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan The Asian Parent. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel yang tayang di website ini menjadi tanggung jawab HerStory.