Menu

Serupa Tapi Tak Sama, Ini Bedanya Jomblo dan Single yang Perlu Kamu Tahu, Beauty Termasuk yang Mana?

21 Oktober 2020 19:00 WIB

Ilustrasi wanita single (Getty Images/Steve Debenport)

HerStory, Jakarta —

Jomblo dan single, dua kata yang kerap dianggap memiliki arti dan makna yang serupa. Namun, siapa sangka, kalau kedua kata yang sering dimaknai dengan 'kesendirian' ini memiliki arti yang berbeda pula. Bahkan, istilah jomblo memiliki konotasi yang negatif ketimbang makna single itu sendiri. Ungkapan 'single itu prinsip, jomblo itu ya nasib', misalnya, sering banget kamu dengar kan, Beauty?

Beauty, biar kamu enggak salah maksud dengan kedua kata tersebut, yuk kenali bedanya jomblo dan single seperti dirangkum dari berbagai sumber, Rabu (21/10/2020).

Single nyaman hidup sendiri, jomblo butuh pendamping

Ketika si single begitu nyaman dengan kesendiriannya, hal ini enggak berlaku bagi si jomblo yang butuh pendamping untuk menemaninya. Wanita single merasa mampu hidup mandiri dan bisa menikmati hidup tanpa ada 'beban' pasangan yang dimilikinya.

Sementara itu, wanita yang jomblo merasa hidupnya hampa kalau enggak ada pasangan yang mendampinginya. Hal ini pula yang membuat si jomblo enggak betah berlama-lama dengan status kesendiriannya dan berusaha mencari yang baru.

Single itu prinsip, jomblo itu ya 'nasib'

Bagi wanita single, menganggap status kesendiriannya ini sebagai prisnsip dalam hidupnya. Mungkin banyak hal yang menjadi alasan kenapa wanita single menjadikan status tersebut sebagai pilihan dan prinsip mereka. Mulai dari fokus mengejar karier, serius menempuh pendidikan, atau memang enggak mau menjalin hubungan.

Sementara itu, bagi mereka yang jomblo mengganggap kalau status tersebut adalah 'nasib' yang dipaksa oleh keadaan. Mereka merasa terpaksa melajang dan kalau boleh memilih, tentu mereka juga ingin punya pasangan.

Single sibuk memperbaiki diri, jomblo getol cari pujaan hati

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, bagi mereka yang jomblo sangat menginginkan memiliki pasangan untuk menemani hari-harinya. Mereka begitu gencar mencari pasangan sesuai pilihannya.

Kalau si single, karena lagi enggak mau jalin hubungan, mencari pasangan bukan menjadi prioritas yang perlu dilakukan. Enggak cuma itu, wanita single juga lebih memilih untuk sibuk memperbaiki dirinya sendiri. 

Single bahagia melihat orang lain juga bahagia, jomblo suka iri dengan kemesraan orang lain

Ketika si jomblo melihat teman punya pacar baru, mungkin ia akan merasa iri melihat kemesraan temannya itu dengan pacar barunya. Rasanya, ia juga ingin melakukan hal serupa, tetapi enggak bisa.

Sementara itu, wanita single akan merasa bahagia ketika melihat teman menemukan kebahagiaanya dari seorang pria yang dicintainya.

Nah Beauty, dari keempat perbedaan di atas, kamu termasuk wanita jomblo atau single?