Menu

Moms, Gawat! Ini 3 Jenis Perselingkuhan yang Terjadi dalam Pernikahan, Nomor 2 Bikin Capek Hati

26 September 2022 17:41 WIB

Ilustrasi Perselingkuhan (Pinterest/Power of Positivity)

HerStory, Jakarta —

Perselingkuhan tak hanya terjadi pada pasangan yang belum menikah, bagi mereka yang sudah menjalani bahtera rumah tangga pun kerap kali merasakan hal yang menyakitkan seperti ini.

Sering kali kita menganggap perselingkuhan terjadi karena hubungan rumah tangga yang kurang baiki. Nyatanya, perselingkuhan bisa terjadi dalam keadaan apapun.

Ada beberapa jenis perselingkuhan dan masing-masing memiliki makna dan motif dibaliknya. Apa saja? Berikut yang dilansir dari GenPI.co.

Perselingkuhan emosional

Ini bisa dimulai sebagai hubungan khusus dengan seseorang dan ikatan atau persahabatan itu menjadi sesuatu yang lebih.  Perselingkuhan emosional umumnya adalah sesuatu yang terjadi di tempat kerja dengan rekan kerja, saat menghabiskan sebagian besar waktumu, menurut survei oleh Simply Hired. 

Perselingkuhan ini mungkin atau mungkin tak bersifat seksual, namun melibatkan emosioal.

Perselingkuhan romantis dengan keterikatan

Hubungan seperti itu muncul ketika ada orang lain selain pasangan. 

Ada ketertarikan yang kuat pada orang lain sehingga kamu mulai percaya bahwa dirimu jatuh cinta dengannya dan tak dapat lagi mengendalikan diri. Itu berarti kamu  berada dalam hubungan romantis.

Cinta satu malam

Tak ada hal-hal seperti itu yang disebut kecelakaan dalam perjalanan emosional kita. Tak ada perselingkuhan yang bisa terjadi secara kebetulan.

Dalam perselingkuhan semacam ini, pasangan yang berselingkuh, umumnya sudah menikah dan ingin tinggal di dalamnya juga tetapi menginginkan perubahan sementara.  Dalam urusan seperti itu, tak ada keterikatan emosional.

Urusan balas dendam

Ini adalah salah satu jenis perselingkuhan yang paling berbahaya dan mereka yang terlibat hanya ingin membuat orang lain merasa tak aman. 

Mereka ingin membuktikan kepada orang ketiga bahwa mereka diinginkan oleh orang lain.

Perselingkuhan dunia maya

Ini lebih seperti jenis perselingkuhan modern di mana peselingkuh bertindak seperti orang lain, menjadi apa dan siapa yang mereka inginkan karena tak ada yang bisa melihat mereka. 

Fakta bahwa mereka dapat menjadi anonim dan bersenang-senang, memberikan dorongan kepada orang-orang seperti itu dan mereka bisa menjadi emosional, seksual, cabul, dan sebagainya

Perselingkuhan untuk keluar dari pernikahan

Jenis perselingkuhan ini terjadi ketika kamu ingin keluar dari pernikahan atau komitmen dan berselingkuh sehingga tertangkap dan pasangan mereka meninggalkanmu.