Menu

Honest Review: Seberapa Ampuh Nyapu dan Ngepel Rumah Pakai Mi Robot Vacuum-Mop 2 Lite? 'Asisten' Rumah Tangga yang Kekinian!

29 September 2022 10:29 WIB

Mi Robot Vacuum-Mop 2 Lite. (HerStory/Clara A. Sukandar)

HerStory, Jakarta —

Moms, siapa yang setuju kalau pekerjaan rumah itu enggak ada habisnya? Terutama urusan bebersih, seperti menyapu dan mengepel. Kotoran dan debu di rumah terus berdatangan tiap waktu, jadi pekerjaan membersihkan rumah juga harus sering dilakukan. Nah, itulah mengapa saat ini orang berbondong-bondong membeli robot vakum untuk membantu mereka membersihkan rumah.

Berkat kemajuan teknologi, robot vakum bisa menjadi 'asisten' kekinian rumah tangga yang selalu siaga membantu Moms membersihkan area rumah. Moms enggak perlu capek-capek menggunakan sapu dan pel lantai manual.

Dari sekian banyak merek yang mengeluarkan inovasi robot vakum, kali ini redaksi HerStory berkesempatan mencoba cara kerja Robot Vacuum-Mop 2 Lite dari Xiaomi. Robot vakum yang baru rilis di Indonesia pada (25/05/2022) lalu, siap memberikan kemudahan sebagai 'asisten' rumah tangga kekinian. Apa aja ya kira-kira? Dan seberapa ampuhkah?

Honest review, simak pengalaman redaksi HerStory mencoba Mi Robot Vacuum-Mop 2 Lite selama dua minggu:

Super Praktis

Gak hanya menyedot debu aja, Mi Robot Vacuum-Mop 2 Lite juga mampu 'menyelesaikan' tiga pekerjaan sekaligus. Menyapu, mengepel, dan menyapu sekaligus mengepel di waktu yang bersamaan. Super praktis kan?

Robot Vacuum ini memiliki desain bundar berwarna putih yang matte, bodynya cukup besar, tapi desainnya stylish dan slim. Si Robot bundar ini bisa menjelajahi rumahmu setiap sudutnya, masuk kolong meja? Bisa! Masuk kolong lemari? Gampang! Wong tingginya hanya 8,2 cm kok. Jadi, dia lebih mudah menjangkau dan membersihkan berbagai area yang sempit.

Teknologinya Canggih

Selain dapat dimanfaatkan untuk membantu pekerjaan rumah dan body slimnya bisa membersihkan kotoran di tempat yang sempit, robot vacuum ini juga semakin praktis dan mudah digunakan hanya dalam satu genggaman, kok bisa?

Robot Vacuum Mop 2 Lite ini bisa dihubungkan dengan Mi Home/Xiaomi Home App Control. Jadi, Moms bisa memerintah vacuum ini untuk membersihkan kotoran di lantai hanya dengan satu klik saja dan dalam jarak jauh.

Canggih banget kan? Sepulang kerja, rumah udah bersih deh berkat disapu dan dipel oleh si Robot Vacuum yang Moms kendalikan lewat Mi Home sewaktu di kantor tadi.

Gak hanya itu lho Moms, perangkat ini juga bisa diakses dengan perintah suara melalui Google Assistant dan Alexa.

Bye-bye Debu!

Lebih lanjut, Moms gak perlu khawatir rumah berdebu dan lengket karena gak ada waktu untuk mengepel. Pasalnya, si robot pembersih ini memiliki daya hisap yang kuat hingga 2200 Pa yang mampu mengangkat setiap kotoran yang ada.

Di samping itu, dengan ruang struktural yang lebih baik, membuat Mi Robot Vacuum-Mop 2 Lite ini memiliki tingkat kebisingan yang rendah dan konstan. Jadi gak berisik saat bekerja!

Robot pembersih ini memiliki kompartemen penampungan debu dan air yang besar, dengan penampungan debu berkapasitas 450 ml dan tangki air 270 ml.

Memudahkan banget kan Moms? Jadi, Moms gak perlu sering-sering buang kotoran dan debu yang sudah dihisap. Kemudian, Navigasi Inersia juga memiliki dukungan sensor visual yang cerdas.

Dengan sensor visual yang cerdas itu, robot vakum mampu mengenali setiap garis pembatas untuk secara otomatis menyesuaikan arah dan membuat proses pembersihan menjadi lebih efisien dan optimal.

Lalu, kalau rumah Moms memiliki perbedaan elevasi lantai juga gak jadi masalah lho, karena perangkat ini memiliki kemampuan memanjat hingga ketinggian 20mm.

Kekurangan

Setelah mencoba menggunakan Mi Robot Vacuum-Mop 2 Lite selama dua minggu, Redaksi HerStory merasa nyaman dan sangat terbantu.

Namun, yang namanya alat buatan manusia, pasti gak mungkin 100% sempurna kan, Moms? Nah, ada beberapa kekurangan yang juga dimiliki oleh robot pembersih ini, antara lain:

1. Cukup memakan baterai.

2. Pergerakan cukup lambat. Jadi, kalau mau membersihkan rumah yang cukup luas lumayan memakan waktu.

3. Enggak bisa membersihkan ruangan dengan banyak barang di lantai, hasilnya kurang maksimal.

4. Untuk membersihkan kotoran yang sudah kering atau berkerak, harus diulang beberapa kali.

5. Membutuhkan waktu cukup lama untuk mengoneksikan robot vakum dengan Mi Home.

Overall is Good!

Secara umum, dengan menyisihkan uang sebesar Rp2,5 jutaan, Xiaomi Robot Vacuum-Mop 2 Lite ini sangat membantu Moms membersihkan rumah. Overall is good!

Moms bisa mengerjakan pekerjaan yang lain sambil menunggu robot vakum ini selesai membersihkan rumah. Jadi, pekerjaan rumah cukup terbantu deh. Lantai bersih dan nyaman.

Artikel Pilihan