Menu

Gak Selalu Buruk, Ternyata Ada Manfaat Baik Lho Moms Dibalik Pertengkaran Adik dan Kakak!

23 Oktober 2020 08:00 WIB

ilustrasi adik kakak bertengkar (Unsplash/Allen Taylor)

HerStory, Jakarta —

Moms, pertengkaran antara adik dan kakak merupakan hal yang mungkin biasa terjadi, apalagi kalau Moms yang sehari-hari bersama anak-anak tentu saja sudah kebal dengan berbagai adu kata hingga adu tenaga antara anak.

Namun tahukah Moms, ternyata pertengkaran antara adik dan kakak enggak selalu bersifat buruk lho karena ada manfaat baik yang didapat dari pertengkaran anak-anak.

Melansir dari berbagai sumber, Jumat (23/10/2020) Berikut HerStory rangkum beberapa manfaatnya.

Kemampuan berkomunikasi

Ketika bertengkar, anak akan mengembangkan kemampuan komunikasi menjadi lebih baik. Adik kakak yang bertengkar menjadi ajang bagi anak untuk mengembangkan kemampuan ini, terutama saat mereka berdamai. Ketika menghadapi masalah dan saing berdebat, anak dapat belajar mengekspresikan dirinya melalui kata-kata dan tindakan.

Belajar empati

Pertengkaran antara adik dan kakak juga dapat membuat mereka belajar empati lho Moms, hal ini dikarenakan saat mereka bertengkar keduanya secara enggak sadar akan mendengar apa yang dikatakan orang lain. Tak hanya itu, mereka juga belajar memahami dan menghargai sudut pandang orang lain. 

Melatih kecerdasan

Saat adik dan kakak bertengkar, akan selalu ada hal yang bisa mereka pelajari. Bisa dengan menyadari kesalahan, bernegosiasi, meminta maaf, atau mengenali karakter yang berbeda. 

Enggak ada salahnya kok Moms membiarkan anak-anak ketika sedang bertengkar, tapi Moms tetap harus memantau mereka ya jika sudah kelewat batas. Semoga bermanfaat!