Menu

Beauty Termasuk Orang yang Boros? Tenang, Begini Caranya Mengurangi Kebiasaan Boros!

23 Oktober 2020 19:00 WIB

Wanita sedang membawa kantong belanjaannya. (unsplash/freestocks.org)

HerStory, Jakarta —

Beauty hayo ngaku, kira-kira kamu termasuk orang yang boros enggak sih? Kebiasaan boros memang seringkali jadi permasalahan utama setiap orang, terutama para wanita. Hal ini terjadi karena ada saja berbagai macam godaan yang kerapkali menghampiri untuk mengeluarkan uang, seperti berbelanja atau hanya sekedar untuk hangout bersama teman-teman.

Walaupun kebiasaan boros terasa sulit diatasi. Namun, bukan berarti enggak bisa dihilangkan lho. 

Melansir dari laman aura.com, Jumat (23/10/2020) Beauty bisa mulai mengurangi kebiasaan boros tersebut dengan mencoba empat tips dari seorang psikolog Ajeng Raviando. Bagaimana caranya? Yuk simak terus ulasannya.

Stop

Sebelum memutuskan untuk membeli sesuatu, coba pahami diri Beauty apakah sudah yakin untuk mengeluarkan uang. Berhenti sejenak lalu tarik nafas tiga kali dan hitung mundur sampai 10. Cara ini bisa menghentikan dan membuat Beauty berpikir lebih fokus sebelum mengeluarkan uang untuk membeli sesuatu.

Think

Pikirkan baik-baik seberapa perlu Beauty melakukan hal tersebut. Beauty bisa membagi kegiatan ke dalam empat kategori, yaitu important (penting atau tidak), critical (sangat penting dan mendesak), postponable (tidak penting dan bisa ditunda), dan time critical (tidak penting, tetapi mendesak). 

Contohnya adalah saat Beauty terjebak hujan di jalanan. Beauty tentu perlu membeli payung sehingga barang ini masuk kategori critical. Meskipun begitu, Beauty juga butuh untuk memikirkan ulang keinginan membeli kopi karena jalanan hujan. Ini berarti kopi masuk kategori postponable.

Observe

Setelah memilih, Beauty masih perlu memikirkan kegunaan seperti apa yang dibutuhkan dari barang yang akan Beauty beli tersebut. Misalnya jika ingin membeli baju hangat. Perhatikan bahan yang sesuai dengan kondisi kulit meski brand lain menawarkan baju serupa dengan model unik namun bahan kasar.

Proceed

Langkah terkakhir ini menjadi penentu. Pilihlah tindakan yang sesuai dengan kondisi finansial Beauty. Apakah membeli secara cash atau credit? Sekarang atau nanti? Ini semua harus diperhatikan. Ingatlah untuk enggak memaksakan diri.

Yuk dicoba tips tersebut Beauty, Semoga bermanfaat ya!