Menu

Moms Pasti Girang! Makin Lebat dan Anti Rontok, Ini Tips Perawatan Rambut dengan Mudah saat Hamil! Cuss Lakukan, Aman Lho...

03 Oktober 2022 10:50 WIB

Ilustrasi rambut rontok. (pinterest/freepik)

HerStory, Jakarta —

Selain perubahan bentuk tubuh, seorang wanita hamil juga merasakan perubahan hormon yang tak disangka akan mengubah banyak sekali keadaan tubuh. Bahkan, rambut pun akan ikut terpengaruh selama masa kehamilan.

Beberapa wanita hamil bahkan pasti pernah mengalami rontok, berkerut atau mungkin kasar pada setiap helainya.

Lalu sebenarnya, apa langkah yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah rambut tersebut?

Nah, untuk penjelasan dan langkahnya, yuk simak tips perawatan rambut saat hamil yang telah dirangkum dari laman Hops.id---Jaringan sindikasi konten Suara.com berikut ini.

1. Rutin konsumsi makanan yang sehat

Mulailah dengan mengkonsumsi makanan sehat yang dapat memberikan nutrisi pada rambut, seperti susu, buah-buahan, sayuran, daging, ikan, lentil, biji-bijian, dan buah-buahan kering dan bahan-bahan lainnya.

2. Melakukan relaksasi

Sebagian wanita saat hamil rentan sekali terkena stres yang disebabkan oleh kerontokkan selama kehamilan. Untuk menghindarinya, lakukan dengan cara mendengarkan musik yang menenangkan, bermeditasi, berlatih yoga, tidur, dan pergi untuk pijat kepala santai di salon.

3. Coba potong rambut

Saat hamil, tak hanya tubuh yang mengalami perubahan. Rambut juga mengalami perubahan tekstur dan ketebalan rambut. Untuk menghindari rambut bercabang dan kasar, potonglah rambut sebulan sekali.

4. Hindari mewarnai rambut

Saat hamil jangan pernah mewarnai rambut. Sebuah studi menunjukkan bahwa penggunaan pewarna rambut dapat meningkatkan risiko berat badan lahir rendah, neuroblastoma, dan leukemia pada keturunannya. Karena warna dan pewarna rambut tertentu dapat memicu alergi atau infeksi, lebih baik menghindarinya selama kehamilan.

5. Jangan sisir rambut dalam kondisi basah

Perawatan ini mudah dilakukan, setelah keramas biarkan rambut kering secara alami. Setelah itu, gunakan sisir bergigi lebar saat kering untuk membantu mencegah rambut rontok.

6. Lakukan pijat kepala

Selama masa kehamilan, menjaga rambut tetap sehat dan kuat bisa dilakukan dengan memanjakan diri lewat pijatan kepala. Memijat kepala juga berguna untuk meningkatkan ketebalan rambut dan meningkatkan sirkulasi darah.

Caranya, gunakan minyak rambut alami yang terbuat dari buah zaitun, kelapa, dan lainnya. Panaskan minyak lalu tiriskan minyak tadi beberapa menit hingga panasnya berkurang. Kemudian ambil minyak yang hangat tadi, pijatkan ke kulit kepala. Lakukan pijak kepala sebanyak 3 sampai 4 kali seminggu.

7. Penggunaan sampo dan kondisioner

Perawatan sederhana bisa dilakukan dengan sampo dan kondisioner seenggaknya sekali hingga dua kali seminggu.

Artikel Pilihan