Menu

Jangan Asal! Ini 7 Tips Atasi Kulit Wajah Sensitif dengan Bahan Alami, Terapkan Yuk Beauty daripada Rusak Parah!

03 Oktober 2022 14:50 WIB

Ilustrasi wanita miliki wajah kusam. (Pinterest/Freepik)

HerStory, Jakarta —

Bagi orang yang memiliki kulit wajah sensitif, pasti akan sangat sulit untuk mendapatkan perawatan wajah yang cocok. Bahkan beberapa skincare yang dibeli mungkin saja bisa memperparah keadaan kulit alih-alih memperbaikinya.

Namun jangan khawatir! Selain produk perawatan yang penuh dengan bahan kimia, kamu juga bisa memakai bahan alami dengan risiko rendah kerusakan kulit lho! Apa saja sih kebiasaan yang harus kamu perbaiki? Suk simak Beauty!

7 tips mengatasi kulit wajah sensitif

1. Tetap terhidrasi

Minum air putih yang cukup merupakan kunci penting untuk menjaga kulit kamu tetap lembab dari dalam. Dengan minum air putih minimal 2 liter tiap harinya, racun di dalam kulit juga dapat terbuang.

Selain air putih, kamu juga bisa menjaga kelembaban kulit dengan minum jus buah segar, smoothie, atau jus sayuran hijau.

2. Gunakan madu

Madu dikenal berkat sifat anti-inflamasi, antibakteri, dan antiseptiknya. Ini sangat bagus untuk menghidrasi kulit sekaligus memberikan perawatan. Kamu bisa memilih pembersih wajah dengan bahan madu alami atau membuat sendiri masker madu alami dengan tambahan bubuk coklat, yang tak mengandung pemanis dan madu.

3. Hindari air panas

Mandi dengan air panas memang membuat tubuh menjadi lebih rileks. Namun sayangnya, air panas bisa membuat kulit menjadi lebih cepat kering dan memperburuk kondisi kulit sensitif kamu.

Jadi, hindari membasuh muka dengan air panas. Jika kamu menginginkannya, pastikan air sudah lebih hangat dan hanya gunakan untuk mencuci muka, bukan merendamnya ya Beauty.

4. Cari tahu alergen kamu

Alergen merupakan musuh bebuyutan kulit sensitif. Alergen tak selalu dalam bentuk makanan atau skincare, ini bisa berupa terik matahari, polutan, debu, bensin, serbuk sari, dan masih banyak lagi.

Matahari adalah pelaku utama kulit terbakar, dan kamu harus menghindarinya. Selain itu, debu juga bisa menyebabkan ruam layaknya orang terkena alergi. Jadi, catat apa yang mempengaruhi kulit wajah kamu dan jauhi mereka daripada mencari solusi tiap ada masalah.

5. Tenangkan kulit dengan mentimun

Tips mengatasi kulit wajah sensitif selanjutnya adalah masker timun. Selain melembabkan, irisan timun yang menempel di kulit wajah juga bisa melembutkan.

Timus juga bisa menyamarkan tanda penuaan seperti garis-garis halus. Untuk hasil maksimal, campurkan 2 sdm jus mentimun dengan 1 sdm madu alami lalu gunakan sebagai pencuci wajah.

6. Masker kentang untuk kulit sensitif

Tak hanya sebagai pengganti nasi, kentang juga bisa menjadi pengganti masker rutin kamu. Caranya, parut kentang sampai halus, lalu campurkan dengan madu. Oleskan masker kentang ke seluruh wajah lalu diamkan selama 15 menit sebelum dibilas dengan air hangat.

Selain masker wajah, kentang juga dapat digunakan untuk menghilangkan lingkaran hitam mata panda, dengan menempelkannya di kantung mata.

7. Ganti sarung bantal secara berkala

Kamu mungkin lupa dengan tips mengatasi kulit wajah satu ini. Namun, perlu diingat bahwa sarung bantal merupakan tempat penumpukan kotoran, sel kulit mati, debu dan masih banyak lagi.

Jika tak mengganti sarung bantal secara teratur, kotoran ini akan berpindah ke kulit wajah kamu dan mengakibatkan jerawat atau iritasi yang tak akan kamu sukai.