Menu

Beauty, Ternyata Ini Alasan Kenapa Lipstik Cepat Luntur dan Nggak Nempel di Bibir

23 Oktober 2020 15:55 WIB

Penggunaan Lip Liner sebelum menggunakan lipstik

HerStory, Bogor —

Beauty, lipstik yang cepat luntur tentunya bikin kamu kesal karen harus touch up berkali-kali. Kamu pun mungkin bertanya tanya, apakah brand lipstik yang kamu pakai memang kualitasnya jelek.

Faktanya, ada beberapa alasan kenapa lipstik cepat luntur dan susah nempel di bibir. Salah satunya, karena kamu masih melakukan kesalahan ini saat pakai lipstik. Merangkum dari berbagai sumber, Jumat (23/10/2020) simak beberapa alasannya.

1. Tak mengeksfoliasi bibir sebelum memulas lipstik

Bibir yang lembut menjadi alas sempurna untuk lipstik. Bila bibir tak dieksfoliasi terlebih dulu, pulasan lipstik akan menggumpal dan mudah luntur. Gunakan sikat gigi atau sikat maskara bekas yang telah dibersihkan saat melakukan eksfoliasi. Kamu bisa tambahkan olive oil agar bibir lembut.

2. Lupa menghapus lip balm

Kamu memulas lipstik setelah pakai lip balm. Memang, lip balm bisa melembapkan bibir. Tapi kamu juga perlu menghapus residu lip balm sebelum memakai lipstik. Pasalnya, minyak dalam lip balm itu membuat bibir menjadi alas yang licin bagi lipstik. Sehingga lipstik lebih mudah terhapus. Sebaiknya, gunakan lip balm bersamaan dengan urutan skincare dan bukan dilakukan bersamaan dengan rangkaian produk makeup.

3. Membaurkan lipstik dengan jari

Kebiasaan membaurkan produk lipstik dengan jari ternyata bisa mengemulsi dan menipiskan lipstik, karena tubuh kita mengandung suhu yang hangat. Sebaiknya kamu menggunakan brush khusus bibir untuk mencampurkan lipstik secara lebih detail tanpa mengemulsinya.

4. Hanya menggunakan satu produk bibir

Menggunakan satu lipstik memang terlihat lebih simpel dan menghemat waktu. Namun menggunakan lebih dari satu produk lipstik seperti lipliner, lipstik dan lip gloss dengan teknik layering dapat membuat penampilan pada bibirmu lebih awet. Di samping itu, kamu juga nggak perlu sering touch up lho! 

5. Tak menggunakan teknik blotting bibir

Untuk mendapatkan performa lipstik yang tahan lama, sebaiknya kamu tak melewati langkah ini. Blotting alias menempel tisu di tengah bibir yang telah dibubuhi lipstik merupakan langkah penting agar lipstik tak mudah luntur dan awet. Oleskan lipstik pertama kemudian blot dengan tisu, lalu tambahkan lapisan warna kedua. Trik ini akan membantumu mengunci warna bibir yang sudah terbentuk.

Share Artikel:

Oleh: Kintan Nabila

Artikel Pilihan