Menu

Begini Aturan Pakai Ponsel Agar Tak Merusak Quality Time Pasangan Suami Istri

23 Oktober 2020 20:15 WIB

Playlist. (Unsplash/Mark Cruz)

HerStory, Bogor —

Meskipun memiliki segudang manfaat, nyatanya posel juga punya banyak dampak negatif. Khususnya dalam kehidupan pernikahan. Ponsel bisa membuat hubungan suami istri jadi renggang. Kamu bisa kehilangan quality time dengan pasangan, saat salah satu dari kalian sibuk bermain ponsel. Entah karena urusan pekerjaan atau hanya sekedar asyik bermain medsos.

Tak sedikit pasangan suami istri diluar sana yang mengeluh memiliki masalah perselingkuhan hanya karena 'ponsel'. Nyatanya banyak orang yang menggunakan “ponsel” untuk berselingkuh, hingga merusak hubungan pernikahan yang sudah lama terjalin. Melansir dari laman schoolofparenting.id, Jumat (23/10/2020) begini aturan pakai ponsel untuk suami istri.

1. Hindari Sembunyi-Sembunyi Menggunakan Ponsel

Kamu sebaiknya tak sembunyi-sembunyi saat menggunakan ponsel. Jangan lakukan hal yang bikin pasanganmu curiga, misalnya bawa-bawa ponsel saat sedang melakukan aktivitas di toilet dan mengangkat telepon di belakang suami. Hal ini akan mencegahmu dari keinginan menyembunyikan sesuatu atau berselingkuh di balik pasangan.

2. Katakan Apa yang Sedang Kamu Lakukan dengan Ponselmu

Beberapa suami mungkin curiga dengan aktivitas istrinya saat bermain ponsel. Nah daripada membuatnya penasaran, bertanya-tanya hingga “kepo” berlebihan, katakan saja apa yang sedang kamu lakukan. Contohnya kamu sedang melakukan perbincangan bisnis melalui grup kantor, atau hanya sedang iseng mencari baju secara online. Jika sudah tahu, pasangan tak akan curiga. Sehingga pertengkaran pun bisa dengan mudah dihindari.

3. Jauhkan Ponsel Saat Sedang Bersama

Penting bagi kedua pasangan untuk memiliki quality time bersama, sehingga keharmonisan rumah tangga tetap terjaga. Untuk itu, jauhkan ponsel saat kamu dan suami sedang bersama. Saat berada di tempat tidur, atau misal saat mengobrol santai di teras atau saat sedang berada di dalam mobil bersama.

4. Hindari Bermain Medsos atau Game Saat Bersama

Sebaiknya, jika bukan masalah yang sangat penting, jangan bermain ponsel saat bersama pasangan. Seperti bermain ponsel hanya untuk scroll di medsos atau hanya untuk melanjutkan permainan game yang tadi malam tertunda. Lebih baik kamu menggunakan waktu berharga untuk bertukar pikiran dengan pasangan membahas berbagai urusan rumah tangga.

5. Tak Perlu Overprotektif

Mungkin kamu termasuk orang yang over protektif pada pasangan. Tapi, sebenarnya hal ini termasuk kebiasaan yang buruk lho, karena bisa menimbulkan pertengkaran suami istri. Misalnya, pasangan tak mengangkat teleponmu. Nah, alih-alih terus menelponnya, biarkan pasangan menyelesaikan pekerjaannya dulu. Kamu boleh menelepon berkali-kali jika hal yang ingin kamu sampaikan tersebut bersifat urgent.