Menu

Makeup Jadi 'Self-Healing' Beauty Content Creator Ini di Tengah Pandemi, Simak Ceritanya Yuk!

25 Oktober 2020 10:45 WIB

Gusti Ayu putri Amalia (Instagram/gst_ayuputrii)

HerStory, Jakarta —

Pandemi COVID-19 yang belum berakhir, membuat banyak orang harus melawan segala kehawatiran yang terjadi, di samping menjaga diri agar terhindar dari virus Corona. Segala bentuk kegiatan mungkin banyak dilakukan oleh setiap orang sebagai bentuk 'self-healing' di tengah pandemi. Tak terkecuali yang juga dilakukan oleh salah satu Beauty Content Creator, Gusti Ayu Putri Amalia.

Sebagai seorang Beauty Content Creator, sudah tentu makeup menjadi 'makanan sehari-hari' bagi wanita yang akrab disapa Putri ini. Makeup juga menjadi salah satu bentuk 'self healing' baginya di tengah pandemi COVID-19.

Lewat bincang seru dalam program #HerTalk bersama HerStory, Putri berbagi cerita tentang kesehariannya sebagai seorang Beauty Content Creator di tengah pandemi. Dari sekian banyak kegitan yang dilakukan, Putri mengaku kerap menjadikan makeup sebagai bentuk self healing yang ia lakukan.

"Menurut aku untuk sebagian orang mungkin bisa dengan melakukan makeup dengan skincare setiap hari (jadi healing) tapi mungkin ada beberapa orang yang enggak suka tuh ngelakuin step step itu. Tapi kalau aku sendiri aku suka," ujarnya seperti dikutip, Minggu (25/10/2020).

Bagi ibu satu anak ini, saat memoleskan riasan ke wajah, ia mendapatkan ketenangan batin yang enggak dirasakan kalau melakukann hal lain. Langkah demi langkah dalam merias wajah sangat dinikmati dan menjadi tahap relaksasi bagi dirinya sendiri.

"Karena justru ketika aku makeup, tapi ketika makeupnya enggak diburu-buru ya, kalau diburu-buru percuma aja jadi kacau pikirannya. Sambil makeup itu kayaknya ada self healingnya sendiri, kayak ada ketenangan batin tersendiri. Setiap step by step nya itu dinikmatin banget. Jadi itu tahap relaksasinya aku sendiri," sambungnya.

Putri mengaku kalau setiap orang punya cara tersendiri dalam melakukan self-healing. Menurutnya, dengan melakukan kegitan yang disukai bisa membantu menyembukan dan membebaskan diri dari segala ke khawatiran yang timbul di tengah pandemi.

"Mungkin orang lain punya caranya tersendiri. Mungkin yoga, atau ngelukis, atau main game mungkin, itu self healingnya mereka juga, itu bisa jadi," tuturnya.

Selain makeup, diakui wanita berdarah Melayu ini, ia juga kerap melakukan hal lain saat merasa stres atau tertekan dengan keadaan. Apalagi, kondisinya yang baru menjadi seorang ibu. Putri kerap melibatkan Tuhan dikala ia tengah berada dalam proses penyembuhan diri.

"Biasanya, kalau pagi-pagi itu sering duduk diteras rumah, sambil ngeliat pemandangan, menghirup udara segar. Terus yang penting itu aku tidur cukup. Mau kemana-kemana kan juga takut ya lagi pandemi, jadi yaudah nikmatin di sekitar kita. Kita lihat, kita syukuri, terus kalau masih merasa kurang, berdoa aja balik lagi ke Tuhan," ungkapnya.

Arti Self Healing Bagi Putri

Dalam psikolgi, self healing merupakan sebuah proses untuk menyembuhkan diri dari luka batin. Sebagian besar orang tentu pernah mengalami kelalahan secara emosional. Apalagi di tengah pandemi COVID-19 saat ini, tentu banyak tekanan dan kekhawatiran yang datang secara tak terduga.

Untuk itulah, self healing perlu dilakukan demi mencegah hal lain yang berkaitan dengan mental semakin menjadi-jadi. Bagi Putri, self healing itu sangat penting dilakukan lewat beragam cara atau kegiatan yang disukai. 

"Caranya gimana, itu balik lagi ke cara kita masing-masing. Setiap orang punya caranya untuk menyembuhkan dirinya sendiri, biar enggak berlarut-larut dalam  kecemasan, kesedihan gitu. Menurut aku (self-healing) penting banget ya. Tapi, balik lagi ke orangnya itu dia harus melakukan self-healing, kalau enggak ya sudah," katanya.

Wanita kelahiran 18 November 1994 ini juga beranggapan, penyembuhan terbaik adalah diri sendiri. Pasalnya, hanya diri sendiri yang tahu kondisi apa yang tengah dirasakan . 

"Menurut aku, penyumbuhan terbaik itu diri kita sendiri, yang tahu sedih itu siapa, yang ngerasain kecewa siapa kan itu kita. Mungkin kita bakal sharing ke teman minta solusnya, tapi balik lagi ke kita keputusan ada di kita kedepannya kayak gimana gitu," imbuhnya.

Satu hal yang ditegaskan Putri, yang paling penting dalam proses self-healing ialah ketika diri merasa sehat, baik secara fisik maupun pikiran. Selama tetap memikirkan hal-hal yang positif, secara enggak sadar, diri juga akan mudah menyangkal pikiran negatif lainnya. 

Beauty, nonton bincang seru bersama Gusti Ayu Putri Amalia seputar Makeup Jadi Self Healing di Tengah Pandemi COVID-19, berikut yuk!