Menu

11 Serba Serbi Camilan Tinggi Kandungan Protein untuk Anak yang Hobi Ngemil, Dijamin Menyehatkan!

05 Oktober 2022 06:00 WIB

Anak sedang tertawa dan nyemil. (Shutterstock/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Moms jika si kecil hobi ngemil jangan biarkan untuk berlarut larut untuk mengonsumsi camilan ringan atau junk food yang bisa membahayakan kesehatan dan tumbuh kembanya. Untuk menyiasatinya, Moms bisa coba sajikan camilan yang sehat. Berkaitan dengan itu dalam tulisan ini akan dibahas 11 camilan yang tinggi kandungan protein, jadi Moms tinggal pilih saja camilan yang akan diberikan untuk si kecil.

Gak usah khawatir soal kandungan gizinya, dijamin menyehatkan, yuk langsung simak aja tiap camilannya.

1. Telur rebus

Jadikan telur rebus sebagai teman sarapan pagi. Setiap butir telur, kurang lebih mengandung 6 gram protein. Sedangkan kalorinya, kurang dari 100 kalori. Karena itulah, telur baik untuk anak-anak maupun orang dewasa.

Tapi janganlah memakan telur secara berlebihan, karena telur juga mengandung kolesterol. Sebaiknya, anak-anak hanya mengkonsumsi 1 butir per hari dan orang dewasa dapat memakannya 2 butir per hari.

2. Kacang-kacangan

Jangan lupa menyisipkan kacang-kacangan dalam menu cemilan. Misalnya, bubur kacang hijau atau es kacang merah. Setidaknya, 250 ml kacang-kacangan mengandung 22 gram protein. Sumber protein yang cukup baik bukan?

3. Ikan tuna

Ikan tuna mengandung banyak protein. Buatlah roti isi tuna, atau salad tuna sehingga si kecil tak bosan dengan variasi makanan sehari-hari.

4. Edamame

Nah, si Hijau ini sangatlah lezat dan cocok sebagai teman menonton TV. Sumber protein ini rendah kalori namun mengandung 17 gram protein setiap cangkirnya. Cukup direbus hingga matang, lalu sajikan selagi hangat!

5. Susu coklat

Daripada mengunyah permen, segelas susu hangat jauh lebih bergizi. Selain mengandung 11 gram protein dalam setiap gelasnya, susu coklat juga mengandung kalsium untuk kesehatan tulang si Kecil.

6. Oatmeal

Oatmeal dapat menjaga berat badan dan kesehatan jantung. Selain mengandung serat, secangkir oatmeal mengandung 5 gram protein. Tambahkan oatmeal ke dalam smoothies atau yoghurt sebagai variasi cemilan untuk anak.

7. Dendeng Sapi

Sumber protein yang satu ini dapat menjadi cemilan yang nikmat. Ada baiknya Anda mencari yang tak terlalu asin untuk menjaga asupan konsumsi garam.

8. Selai Kacang

Satu sendok selai kacang setidaknya mengandung 4 gram protein. Jadikanlah sumber protein yang lezat ini sebagai teman makan roti di pagi hari.

9. Keju

Dalam satu batang keju, setidaknya ada 6 hingga 8 gram protein. Selain mengandung protein, keju juga mengandung kalsium yang penting bagi tulang anak.

10. Tahu Goreng

Nah, siapapun pasti suka dengan tahu goreng hangat! Setidaknya terdapat 2 gram protein di dalam sebuah tahu goreng. Tahu goreng yang sehat tentu saja tahu yang dimasak sendiri di rumah, bukan yang dijual oleh tukang gorengan!

11. Susu Kedelai

Di dalam setiap 100 ml susu kedelai setidaknya terkandung 4,6 gram protein. Jika Anda tak  suka dengan susu sapi, susu kedelai dapat menjadi penggantinya. Selain mengandung protein nabati, susu kedelai juga mengandung banyak serat. Sajikan hangat atau dingin sesuai selera.

Moms, semoga ulasan di atas menambah variasi cemilan sehat untuk si kecil.

Lihat Sumber Artikel di The Asian Parent

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan The Asian Parent. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel yang tayang di website ini menjadi tanggung jawab HerStory.

Share Artikel:

Oleh: Ida Umy Rasyidah