Menu

Moms, Lakukan Tips Berikut Ini Agar Anak Suka Olahraga Sejak Kecil

26 Oktober 2020 09:00 WIB

Ilustrasi ibu dan anak sedang melakukan olahraga yoga (wellnessliving.com/Edited by Herstory)

HerStory, Bogor —

Moms, anak biasanya susah saat disuruh olahraga. Ia lebih suka main gadget daripada melakukan aktivitas fisik. Padahal olahraga penting untuk menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh anak. 

Selain itu, olahraga bisa merangsang kemampuan motorik anak, termasuk kecepatan, kelincahan dan koordinasi antar anggota tubuh. Hal ini erat kaitannya dengan peningkatan kemampuan berpikir dan kreativitas anak. Merangkum dari berbagai sumber, Senin (26/10/2020) begini tipsnya.

1. Jadikan Olahraga sebagai Aktivitas yang Menyenangkan

Buatlah kegiatan olahraga Moms dan anak sebagai aktivitas yang menyenangkan. Tak perlu mempersiapkan alat-alat yang cukup mahal, Moms bisa mengajak anak untuk berjalan kaki di sekitar rumah. Momen ini juga bisa digunakan untuk mengenalkan anak dengan lingkungan sosial dan bertemu teman-teman sebaya di sekitar rumah. Tak hanya itu, bermain bola di halaman rumah juga bisa menjadi pilihan olahraga yang menyenangkan bagi anak-anak. 

2. Hindari Memaksa Anak

Hal yang harus dihindari adalah memaksa anak untuk berolahraga. Alih-alih membuat anak bergerak, memaksanya malah bisa membuat Si Kecil membenci dan malas untuk berolahraga. Sebaliknya, jika diberi kebebasan pada anak dan tak memaksa apapun, mereka cenderung akan menyukai olahraga. Anak cenderung tak menyukai sesuatu yang dipaksakan. 

3. Cobalah Berbagai Macam Olahraga

Berilah anak kebebasan dalam memilih aktivitas fisik yang disukai. Agar Si Kecil tak bosan, cobalah untuk melakukan berbagai jenis olahraga yang berbeda setiap minggunya. Tak masalah bila Moms tak menguasai jenis olaharaga tersebut, mintalah orang yang memang ahli untuk mendampinginya.

4. Berikan Contoh

Si Kecil akan cenderung suka menirukan apa yang Moms lakukan. Memunculkan minat si kecil dalam berolahraga ternyata bisa dimulai dengan memberikan contoh pada anak. Cobalah untuk rutin berolahraga dan buatlah anak penasaran dan menirukan apa yang Moms lakukan. Dengan demikian mereka akan membuat olahraga menjadi kebiasaan.

5. Biasakan si kecil aktif sejak dini

Agar anak suka olahraga, Moms harus membiasakannya sejak kecil. Moms bisa mengenalkan berbagai aktivitas fisik sedini mungkin. Misalnya, kurangi durasi menggendong anak saat di rumah dan usahakan untuk membiarkannya berjalan. Selain itu, Moms bisa mengajaknya berjalan-jalan mengelilingi komplek rumah setiap sore atau kapanpun saat memiliki waktu luang.