Menu

Disebut Ampuh Bersihkan Paru-paru, Ini 5 Makanan Terbaik yang Cocok Bagi Mantan Perokok! Hempas Penyakit Kronis dari Sekarang!

06 Oktober 2022 14:50 WIB

Ilustrasi seorang wanita yang mengidap paru-paru basah. (Freepik/eddows-animator)

HerStory, Jakarta —

Hingga kini masih banyak orang yang merokok padahal sudha mengetahui efek dari penghisapan daun tembakau untuk paru-paru.

Karena ini, banyak ahli yang menghimbau untuk berhenti melakukan kebiasaan merokok demi menjaga kesehatan tubuh dan menghindari risiko yang sangat fatal.

Namun ternyata, ada cara lain untuk membersihkan paru-paru secara alami lho Beauty, dengan cara rajin mengonsumsi makanan bernutrisi. Metode ini bisa membantu mengurangi kerusakan organ vital tersebut.

Menurut info dari Healthline, ada beberapa jenis makanan yang punya khasiat tinggi menghilangkan racun tembakau atau nikotin di organ paru-paru. 

1. Buah Apel

Banyak penelitian yang membuktikan jika mengonsumsi buah apel dengan teratur dan rutin dapat meningkatkan sistem kerja paru-paru. Bukan itu saja, jika kalian minimal menyantap 5 butir buah ini setiap minggu, dapat mencegah Penyakit Paru Obstruktif Kronik (PPOK). 

Selain itu juga mengurangi risiko asma dan kanker paru-paru karena apel sangat kaya dengan kandungan konsentrasi antioksidan, vitamin C, dan flavanoid.

2. Buah Labu 

Kandungan karotenoid, beta karoten, zeaxanthin dan lutein yang terdapat dalam buah labu sangat bagus untuk menjaga kesehatan paru-paru. Terlebih semua kandungan ini bersifat anti inflamasi dan antioksidan. Bahkan khusus untuk karotenaid bisa berperan sebagai peningkat fungsi dan sistem kerja paru-paru.

3. Buah Tomat

Kandungan penting yang ada di dalam buah tomat antara lain karatenoid, antioksidan, dan likopen. Tak hanya untuk menunjang kesehatan paru-paru saja, menyantap buah ini dengan rajin juga akan mengurangi risiko radang di saluran napas, terutama untuk penderita asma dan pengidap PPOK.

4. Blueberry

Bluberry adalah buah dengan kandungan nutrisi tinggi seperti anthocyanin, cyanidin, maldivin, peonidin, petunidin, dan delphinidin. Semua senyawa ini mampu memberi perlindungan optimal terhadap risiko kerusakan oksidatif atau kerusakan sel paru-paru.

Dalam situsnya Alodokter memaparkan, oksidatif merupakan gangguan yang terjadi karena jumlah racun yang lebih banyak daripada zat antiracun atau antioksidan.

5. Teh Hijau

Teh hijau yang punya kandungan epigallocatechin gallate (EGGG) berfungsi sebagai pengganti anti inflamasi dan antioksidan. Minuman ini terbukti sangat manjur untuk mencegah fobrosis yang sering menjadi penyebab kerusakan paru-paru. 

Bagaimana sih? Tak sulit bukan membersihkan dan menyehatkan paru-paru itu. Apalagi jika diiringi dengan pola hidup sehat lain. Misalnya menghindari makanan berlemak, rajin olahraga, dan tak mengonsumsi alkohol.