Menu

Begini Nih Cara Atasi Pernikahan yang Ternyata Gak Sesuai Ekspektasi!

26 Oktober 2020 19:15 WIB

Pernikahan. (Unsplash/Olivia Bauso)

HerStory, Jakarta —

Hidup kita terkadang hanya terdapat di dua keadaan saja seperti ekpektasi dan realita. Terkadang kedua hal ini memang selalu berjalan beriringan, namun, sebagai seorang wanita pernikahan sering membuat mereka memiliki ekspektasi tersendiri terhadap kehidupan rumah tangga.

Namun, bagaimana kalau ternyata pernikahan impian kita dan ekpektasi kita terhadap sebauh rumah tangga enggak bisa terlaksana dan tercapai dengan baik? Pasti bikin kecewa dan bingung harus bagaimana. Namun, untuk mengurangi rasa kekecawaan, kamu bisa lakukan hal ini!

Kurangi Ekspektasi

Setelah menikah, sebagai istri pasti memiliki ekspektasi yang besar kepada pasangannya. Seperti kebiasaan buruk ketika masih berpacaran menjadi berkurang, bisa lebih dewasa, perhatian, dan lain sebagainya. Namun, tentu untuk mewujudkan ekspektasi tersebut kita membutuhkan waktu yang cukup lama.

Oleh karena itu, daripada kamu stress dengan ekspektasimu yang enggak kunjung datang, lebih baik kamu kurangi rasa ekspektasi tersebut kepada pasangan. Kamu masih boleh berekspektasi namun enggak yang berlebihan, yang bisa membuat kamu merasa kecewa.

Lihat Kelebihan Suami

Selanjutnya, kamu bisa melihat kelebihan yang dimiliki oleh pasanganmu dan bersyukur atas yang ada pada dirinya. Hal ini bisa membuat kamu mengurangi ekpektasi yang kamu miliki sehingga kamu enggak harus terus ketakutan bahwa keinginan kamu enggak terwujud.

Jangan Membandingkan Pasangan

Jika kamu enggak ingin dikecewakan oleh pasangan kamu, maka kamu harus belajar untuk mengecewakan orang lain, apalagi pasangan kamu sendiri. Salah satu hal yang bisa kamu lakukan agar pasangan kamu enggak kecewa adalah berhenti membandingkan dirinya dengan orang lain, karena setiap orang memiliki kekurangan dan juga kelebihannya masing-masing.

Menghargai Pasangan

Di dalam hubungan pernikahan, tentu bukan hanya kamu saja yang memiliki ekpektasi terhadap dia. Tentu pasangan kamu juga memiliki ekspektasi kepada kamu. Oleh karena itu, agar ekspektasi kamu dan pasangan bisa terwujud bersama-sama, komunikasikan hal ini dan cari solusi agar bisa sama-sama saling membahagiakan.

Selamat mencoba, Beauty!