Menu

Intip 7 Rahasia Kecantikan Islami ala Istri Rasulullah, Ibu Bekerja Bisa Tiru Nih!

27 Oktober 2020 10:15 WIB

Ilustrasi wanita muslimah (MuslimahDaily/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Setiap wanita tentu mendambakan selalu tampil cantik dan enank dipandang. Tak terkecuali yang juga diinginkan oleh ibu bekerja. Apalagi, ibu bekerja yang kerap menemui klie di lapangan, ia seakan dituntut untuk menjaga penampilan. Banyak hal yang bisa dilakukan untuk menjaga kecantikan baik dari luar maupun dari dalam.

Ngomong-ngomong soal tampil cantik,  terlepas dari penggunaan beragam produk kecantikan, rupanya dalam agama Islam sendiri memiliki rahasia kecantikan ala istri Rasulullah. Rahasia cantik Islami ini juga bisa banget ditiru olehmu, ibu bekerja.

Penasaran apa saja rahasianya? Mengutip dari laman sindikasi MuslimahDailySelasa (27/10/2020), berikut tujuh rahasianya.

Siwak atau Miswak

Melansir dari laman Sisters Magazine, gigi yang bagus dan rapih tentunya penting dan dapat mempercantik penampilan. Membersihkan gigi menggunakan miswak atau siwak pun merupakan sebuah sunnah.

Miswak atau siwak ini berbentuk tongkat kecil yang dioleskan ke gigi. Ibu bekerja cukup mengunyah salah satu ujungnya dan memisahkan seratnya.

Menurut Medicine of the Prophet karya Ibnu Qayyim Al-Jawziyya, bila dipakai dalam jumlah sedang, miswak atau siwak ini dapat membersihkan gigi, mencegah gigi berlubang, dan mempermanis nafas.

Henna

Ibu bekerja pasti familiar dengan Henna atau Pacar bukan? Pada masa Nabi Muhammad SAW, baik pria maupun wanita menggunakan pacar untuk mewarnai rambut dan juga menghias tangan serta kaki mereka.

Henna sendiri terbuat dari tanaman henna, Lawsonia inermis, yang kemudian digiling daun dan batang keringnya hingga menjadi bubuk halus. Kemudian, bubuk halus dicampurkan dengan air atau minyak untuk dibuat menjadi pasta.

Celak

Bubuk gelap halus yang dioleskan ke bagian dalam kelopak mata disebut dengan celak atau kohl. Menggunakan celak merupakan sunnah yang ditujukan baik untuk pria atau wanita sebagai perhiasan biasa dan untuk tujuan terapeutik.

Rasulullah pun pernah bersabda, “Gunakan antimon (kohl), karena itu membersihkan penglihatan dan membuat rambut tumbuh.” (HR Tirmidzi)

Parfum

Memakai parfum merupakan hal yang disunnahkan oleh Rasulullah, loh. Parfum juga sering disebut sebagai aroma surga dalam hadis. Tetapi untuk wanita muslimah sendiri menggunakan parfum enggak boleh yang wanginya menyengat.

Selain harus memilih yang halal dan non-alkohol, memilih parfum juga harus disesuaikan dengan aroma alami tubuh. Maka dari itu, sebaiknya saat memilih parfum dicoba terlebih dahulu pada kulit, karena kimia kulit setiap orang berbeda.

Minyak Dzarirah

Minyak Dzarirah merupakan minyak yang ampuh menyembuhkan jerawat. Hal ini juga dianjurkan oleh Rasulullah sendiri saat melihat adanya jerawat pada istrinya.

Rasulullah pernah bertanya, “Engkau punya minyak wangi dzarirah?” Mereka menjawab punya. Rasulullah lalu membalas lagi, “Bubuhkan di jerawatmu itu seraya membaca doa, ‘Ya Allah yang mengecilkan yang besar dan membesarkan yang kecil, kecilkanlah jerawatku ini’.” (HR. Al Hakim).

Dalam minyak dzarirah terdapat kandungan etanol yang dapat melakukan proses purging dan mengurangi rasa sakit akibat peradangan di kulit. Tentunya ini dapat mengurangi rasa nyeri yang diakibatkan oleh jerawat.

Madu

Madu dikenal sebagai obat alami yang memiliki khasiat antibakteri dan membantu mengurangi jerawat. Bukan hanya itu saja, kamu juga bisa menggunakannya untuk menyembuhkan spot pada kulit merah atau meradang. Jika dicampur dengan jus lemon ataupun yogurt kemudian dibuat sebagai masker, ini bisa membuat kulit menjadi lebih cerah.

Minyak Zaitun

Minyak zaitun memiliki kandungan antioksidan di dalamnya yang bagus untuk mencegah oksidasi. Oksidasi sendiri adalah proses yang dapat menghasilkan radikal bebas.

Selain itu, kandungan vitamin A, D, E, dan K dalam minyak zaitun bagus untuk merawat kulit, terutama vitamin E yang bisa mengobati eksim pada kulit. Minyak zaitun juga dapat menjadi pelembab alami yang sangat efektif. Bisa dijadikan sebagai kondisioner atau masker rambut yang bagus.

Nah itu tadi 7 rahasia kecantikan ala istri Rasulullah yang bisa ibu bekerja tiru. Semoga bermanfaat ya!