Menu

Bikin Mulut 'Banjiir' Ini 8 Makanan Khas Korea Selatan yang Gak Boleh Menggugah Selera! Kamu Sudah Coba yang Mana?

10 Oktober 2022 10:40 WIB

Kimchi Jjigae. (Pinterest/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Kini makanan khas Korea Selatan tengah menjadi makanan favorit banyak orang. Pasalnya, karena perkembangan dunia hiburan di Korea yang kini sudah mendunia, budaya dan makanan khasnya pun mulai dilirik oleh kalangan internasional termasuk Indonesia.

Seperti yang diketahui, kini sudah banyak sekali makanan Korea yang ditemukan mulai dari jajanan kaki lima hingga restoran yang menyediakan makanan rumahan khas negeri gingseng itu.

Oleh karenanya, bagi kamu yang penasaran dan belum pernah mencoba jenis-jenis makanan khas Korea, berikut adalah rekomendasinya buat kamu. Simak ulasannya yang dilansir dari laman sindikasi konten Suara.com ini yuk Beauty!

1. K Food Pangsit Korea

Pangsit adalah makanan pembuka atau lauk yang umum di sebagian besar restoran Asia. Namun, versi Korea disebut jjinmandu dan biasanya diisi dengan campuran daging babi dan sapi.

Selain itu, ada juga beberapa versi menampilkan udang yang tak kalah lezatnya. Mandu sendiri biasanya diberikan daun bawang, wortel, mie, kubis, kacang hijau, serta bahan pelengkap lainnya.

Makanan ini bisa dikukus, direbus, atau digoreng dan biasanya disajikan dengan berbagai saus manis, pedas, serta gurih untuk dicelupkan. Hasilnya adalah pangsit rasa yang super lembut dan berair.

2. Cheese Deung-galbi

Seperti kebanyakan hidangan barbekyu Korea, hidangan ini disiapkan di atas panggangan di meja satt baby ribs yang lengket dimasak bersama keju parut, paprika cincang, dan jagung.

Keju dan sayuran diolah menjadi saus fondue. Sementara iganya dipanggang dan disajikan bersama sebagai satu hidangan. Keju yang kecoklatan dan renyah memberikan kontras yang bagus dengan rasa serta tekstur dari iga panggang.

3. Gyeranjim

Gyeranjjim mungkin terlihat seperti soufflé, tetapi kombinasi telur, air, dan kaldunya dikocok bersama atau bisa juga dikukus yang berisikan sayuran cincang dengan konsistensi yang lebih kental dan sedikit lebih padat.

Gyeran Jjim bisa dijadikan pengiring lezat untuk barbekyu K Food atau makanan Korea. Akan tetapi makanan ini juga baik dijadikan sebagai lauk pauk untuk makanan pokok.

4. Ayam Goreng Korea

Apa bedanya ayam goreng Korea dengan ayam goreng tradisional barat? Ayam goreng Korea dibumbui atau diasinkan sebelum dimasak.

Selain itu, ayam di Korea berukuran lebih kecil daripada di barat sehingga koki cenderung memasak seluruh ayam dalam adonan ringan yang menjadi super renyah saat digoreng.

Ayam kemudian dipotong menjadi beberapa bagian untuk disajikan. Namun, ada yang mengolesi potongan dengan saus cabai atau glasir bawang putih-kedelai manis untuk menambah rasa tanpa mempengaruhi tekstur lapisan renyah.

5. Samgyeopsal

Samgyeopsal atau perut babi agak mirip dengan bacon kecuali potongannya jauh lebih tebal. Makanan K Food ini biasanya akan dibawa ke meja kamu dengan gunting dan penjepit untuk dipotong menjadi potongan-potongan kecil.

Setelah itu, kamu bisa memanggang dagingnya di dalam lemaknya sendiri. Kamu juga akan disajikan sayuran lain untuk dipanggang, seperti irisan bawang, jamur, kimchi.

Jika sudah selesai, kamu bisa membungkus potongan ukuran gigitan dari perut babi dan sayuran yang dimasak di daun selada yang atasnya ada saus pilihan.

Sausnya bisa gireumjang yang terbuat dari minyak wijen, lada hitam, dan garam atau smashing pasta kedelai, minyak wijen, serta pasta cabai. Makanan ini mungkin tak rendah kalori tetapi ini adalah makanan yang paling enak.

6. Pizza Korea

Hampir setiap budaya di dunia memiliki pendekatan mereka sendiri dalam membuat pizza. Orang-orang Korea pun suka membuat pizza mereka dengan lapisan nasi hangus dan lapisan adonan yang memberikan tampilan datar seperti crepe.

Toppingnya dapat bervariasi dari yang standar seperti jamur dan pepperoni. Ada juga variasi yang lebih khas dari ubi jalar, bulgogi, atau seafood dengan lapisan saus gochujang, saus tomat atau saus wasabi-ranch.

7. Kimchi

Sebagian besar pecinta sushi akrab dengan kimchi, tetapi bagi orang Korea, kimchi adalah makanan biasa di meja makan, baik sebagai lauk atau bahan dalam hidangan utama.

Kebanyakan kimchi terbuat dari kubis napa yang telah difermentasi dalam cabai merah, bawang putih, jahe, gula dan kecap ikan, tetapi bisa juga dibuat dari lobak daikon atau daun bawang.

Kamu bisa menyantapnya dengan semangkuk nasi atau menikmatinya dengan dipanggang bersama daging atau seafood favorit kamu.

8. Misutgaru

Minuman populer ini terbuat dari bubuk beras, barley, dan biji-bijian panggang atau biji-bijian kering lainnya. Kamu dapat mencampurnya dengan air dan meminumnya. Selain itu, kamu juga bisa menambahkan susu sebagai gantinya dan membuat variasi latte.

Misutgaru juga bisa dimaniskan dengan madu dan disajikan sebagai smoothie. Misutgaru sendiri merupakan minuman bernutrisi tanpa kafein dengan rasa kacang yang bertubuh penuh dan alternatif yang luar biasa untuk kopi.

Nah, itu dia beberaoa makanan Korea Selatan yang gak boleh kamu lewatkan, ada yang sudah pernah kamu coba?

Lihat Sumber Artikel di Suara.com

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan Suara.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel yang tayang di website ini menjadi tanggung jawab HerStory.