Menu

Gak Cuma Enak Disantap, Ini 4 Manfaat Ikan Tuna yang Bikin Moms Semringah! Bisa Bikin Langsing dalam Sekejap!

10 Oktober 2022 13:50 WIB

Ikan Tuna Balado (Sumber/Selerasa)

HerStory, Jakarta —

Mungkin ikan tuna adalah salah satu ikan yang sering kamu jumpai dan konsumsi karena dagingnya yang sangat enak dan teksturnya yang sangat lembut.

Selain itu, ikan jenis ini juga banyak dicari lantaran kandungan omega-3 dan protein yang sangat banyak di dalamnya.

Tak hanya mengandung omega-3 ikan tuna juga mempunyai berbagai macam nutrisi penting bagi tubuh seperti vitamin D, kalsium, kalium, kolin, vitamin B, seng, dan fosfor. Dengan banyaknya kandungan nutrisi pada ikan tuna tersebut, maka tak heran apabila dapat memberikan manfaat bagi tubuh. 

Selain itu, ikan tuna juga memiliki rasa yang lezat dan bisa diolah menjadi berbagai aneka masakan. Dirangkum dari Alodokter, berikut ini adalah empat manfaat ikan tuna bagi kesehatan tubuh. Simak yuk Moms!

1. Jaga kesehatan jantung

Ikan tuna mengandung asam lemak omega-3 yang tinggi. Kemudian jenis asam lemak ini dipercaya bisa menurunkan risiko penyakit kardiovaskular seperti penyakit jantung koroner

Pasalnya, omega-3 ini dapat mengurangi adanya penumpukan plak kolesterol pada pembuluh darah termasuk jantung.

2. Jaga kesehatan tulang

Manfaat ikan tuna yang lainnya adalah untuk menjaga kesehatan tulang. Hal ini berasal dari adanya kandungan kalsium dan vitamin D di dalamnya. 

Berkat kandungan nutrisi tersebut hal ini mempunyai peranan penting dalam menjaga kesehatan tulang.  Dengan begitu kita bisa terbebas dari berbagai risiko penyakit tulang seperti seperti osteoporosis. 

3. Bantu turunkan berat badan

Untuk yang sedang menjalani diet, ikan tuna bisa menjadi menu diet harian. Tak hanya mempunyai kalori rendah, ikan tuna juga kaya akan protein dan bisa memberikan efek mengenyangkan lebih lama. 

Akan tetapi, harus diselingi dengan tetap berolahraga secara rutin supaya dapat mendapatkan hasil yang maksimal.

4. Dapat cegah anemia

Ikan tuna pun mempunyai manfaat bagi kesehatan lainnya yakni dapat mencegah anemia. Pasalnya dalam ikan tuna terdapat beberapa kandungan seperti folat, zat besi dan vitamin B12 yang mana penting dalam pembentukan sel darah merah atau hemoglobin.

Demikianlah adalah empat manfaat ikan tuna bagi kesehatan tubuh. Semoga bermanfaat ya Moms! 

Artikel Pilihan