Menu

Tips Ampuh Bikin Bolu Anti Bantet dan Pecah, Hindari 4 Kesalahan Sepele Ini Moms!

11 Oktober 2022 12:30 WIB

Bolu Kismis (Freepik/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Banyak orang mengira bahwa kue bolu adalah salah satu camilan yang sangat mudah untuk dibuat. Namun siapa sangka bahwa apabila ada kesalahan sedikit yang terjadi, kur bolu bisa langsung bantet dan bahkan pecah sehingga penampilannya tak lagi menggugah selera.

Sous Chef Pastry Aston Priority Simatupang, Enjang Hermawan mengatakan ada beragam penyebab gagalnya pembuatan bolu, termasuk membuat bolu jadi pecah atau tekstur kue mudah hancur.

Berikut ini beberapa kesalahan membuat bolu, menurut Chef Enjang dilansir dari sindikasi konten suara.com, Selasa (11/10/2022).

1. Kecepatan Mixer Tak Stabil

Mixer atau proses mengaduk dan mencampurkan bahan bolu jadi salah satu kunci untuk membuat tekstur dan adonan bolu benar-benar tercampur dan mengembang.

"Kita harus menggunakan kecepatan stabil, misalnya kalo pake kecepatan dua speed ya kita cukup pakai dua speed saja hingga akhir," ujar Chef Enjang di Hotel Aston Priority Simatupang.

2. Proses Penambahan Bahan

Karena bolu terdiri dari berbagai bahan, maka penting untuk pastikan bahan sudah tercampur dan menyatu dengan sempurna, termasuk dengan memperhatikan waktu yang tepat bahan tertentu masuk.

"Misalnya pengocokan telur yang belum benar benar mengembang, kemudian diberikan tepung yang belum waktunya masuk, itu juga mempengaruhi yang bisa menjadi bikin bantet," ujar Chef Enjang.

3. Tekstur Butter yang Tepat

Butter adalah bahan penting untuk membuat bolu, dan menurut Chef Enjang jika ingin membuat bolu gulung, tekstur butter berbeda dengan bolu kebanyakan.

"Kalau yang bolu gulung oven itu kan pake butter, kalau butternya terlalu panas itu malah bisa jadi pecah," jelas Chef Enjang.

4. Cara Memasukan Butter dan Stabilizer (SP)

Dalam pembuatan bolu, cara memasukan butter dan SP perlu diperhatikan karena bisa membuat bolu pecah, atau sering hancur matang dan ketika dipotong.

"Kalau penyebab pecahnya itu di saat masukan butter karena kalau butter itu biasanya masuknya terakhir setelah tepung, tapi orang-orang banyak melakukan kesalahan yang memasukannya bersamaan semuanya di awal, sehingga akhirnya pecah," sambung Chef Enjang.

Lihat Sumber Artikel di Suara.com

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan Suara.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel yang tayang di website ini menjadi tanggung jawab HerStory.