Menu

Meski Terlihat Kuat, Ini 3 Hal yang Dirasakan Seorang Ibu Jika 'Terhimpit' Masalah Ekonomi! Kamu Merasakannya Juga Gak?

12 Oktober 2022 13:50 WIB

Ilustrasi wanita karier mengalami stres. (Freepik/Edited By HerStory)

HerStory, Jakarta —

Menjadi seorang ibu adalah tanggung jawab yang sangat besar. Seorang ibu pasti ingin anak-anaknya kelak tumbuh dengan sangat baik dan tanpa kekurangan dalam hidupnya.

Sayangnya, tak semua hal dapat kita kendalikan, adakalanya sebuah rumah tangga harus menghadapi cobaan finansial. Mau tak mau, kita terpaksa menerima kondisi tersebut. 

Lalu apa sebenarnya yang dirasakan oleh seorang ibu yang sedang menghadapi masalah keuangan dalam rumah tangganya? Dilansir dari Suara.com, berikut adalah perasaan sang ibu ketika sedang terlibat dalam masalah finansial!

1. Bingung

Semua ibu pasti akan merasa bingung ketika tak memiliki uang, sementara kebutuhan hidup tetap harus dipenuhi. Segeralah cari bantuan, jangan hanya berdiam diri tanpa melakukan apa pun.

Bantuan akan datang jika kita mau berusaha dengan sungguh-sungguh. Cari semua peluang pekerjaan di sekitar kita yang bisa kita lakukan. Jangan malu untuk menawarkan jasa atau barang dagangan kita pada orang lain.

2. Merasa Bersalah

Seorang ibu yang sedang memiliki masalah keuangan, bahkan jika sampai tak memiliki uang untuk memenuhi kebutuhan hidup anak-anaknya pasti akan merasa sangat bersalah. Sebab, semua ibu pasti ingin memberikan yang terbaik untuk proses tumbuh kembang anaknya.

Rasa bersalah akan dirasakan seorang ibu ketika menyadari anaknya juga ikut menanggung risiko dari masalah keuangan yang sedang dihadapi oleh orang tuanya.

Mendapati anak-anaknya terpaksa harus makan dengan lauk seadanya, dan gizi yang jauh dari cukup, merupakan rasa bersalah yang sangat membebani hati seorang ibu.

Maka dari itu, jadikan hal ini menjadi motivasi ibu untuk segera bangkit dan memperbaiki keadaan agar anak segera mendapatkan haknya.

3. Sedih

Kesedihan yang dialami seorang ibu dengan kondisi ekonomi yang menghimpit, sudah pasti menjadi hal yang wajar ia rasakan.

Segera sudahi sedih ini, sebab tak ada gunanya berlama-lama larut dalam kesedihan. Hidup ibu tak akan berubah hanya dengan bersedih, mari bangit, bertumbuh, dan segera cari cara untuk keluar dari keadaan sulit ini.  

Jadi, itulah beberapa perasaan yang dirasakan oleh seorang ibu ketika mengalami masalah finansial. Semoga kita dijauhkan dari hutang dan masalah finansial lainnya. Semangat ya Moms!

Lihat Sumber Artikel di Suara.com

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan Suara.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel yang tayang di website ini menjadi tanggung jawab HerStory.