Menu

Bikin Bingung, Ini Dia Perbedaan Anak Aktif dan Hiperaktif! Jangan Sampai Salah Ya, Moms!

02 November 2020 15:45 WIB

Ilustrasi anak sedang berlari. (Unsplash/Guillaume de Germain)

HerStory, Tangerang —

Saat si kecil sudah bisa berjalan, berlari, dan melompat terkadang bisa bikin repot ya, Moms. Apalagi saat si kecil enggak bisa diam dan aktif bergerak. Tak jarang beberapa orang tua menganggap perilaku aktif si kecil ini sebagai hiperaktif. 

Perlu diketahui bahwa aktif dan hiperaktif itu berbeda, lho, Moms! Anak hiperaktif biasanya memiliki gangguan tingkah laku akibat disfungsi neurologis. Sementara anak aktif tak memiliki gangguan apapun, tetapi memiliki energi yang banyak sehingga selalu aktif bergerak. Supaya Moms bisa dapat membedakan apakah si kecil anak yang aktif atau hiperaktif, yuk simak artikel ini!

1. Anak hiperaktif sulit untuk fokus

Mengutip dari Pop Mama (2/11/2020) biasanya anak yang hiperaktif sulit untuk fokus pada satu hal. Berbeda dengan anak aktif yang masih dapat fokus terhadap hal yang ia lakukan meskipun sering bergerak.

Jika Moms ingin mencari tahu apakah si kecil termasuk aktif atau hiperaktif, cobalah ajak mereka berbicara mengenai sesuatu yang menarik.

Jika anak masih tetap mendengarkan secara fokus, ini menunjukkan bahwa si kecil hanya aktif saja. Namun, jika si kecil terlihat gelisah setelah beberapa menit mendengarkan, bisa jadi si kecil hiperaktif.

2. Anak yang hiperaktif enggak sabaran

Sifat yang enggak sabaran memang sering terlihat pada anak-anak. Namun, untuk anak hiperaktif sifat enggak sabarnya sangat parah dibandingkan anak-anak yang lain. Biasanya mereka enggak suka mengalah, menunggu atau bergantian bermain bersama temannya.

3. Anak hiperaktif berbicara lebih cepat

Jika Moms merasa si kecil hiperaktif, coba lihat dari cara mereka berbicara. Biasanya anak hiperaktif berbicara dengan sangat cepat dan volume suara yang tinggi. Tak hanya itu mereka juga sering memotong pembicaraan orang lain saat diajak berbicara.

Berbeda dengan anak aktif yang masih dapat menangkap dan mengingat kosakata dengan lebih mudah.

4. Anak hiperaktif lebih sering mengeluh dan menangis

Anak yang aktif biasanya hanya menangis saat ia merasa kesal. Namun, anak yang hiperaktif lebih sering menangis karena sulit mengontrol perasaannya. Mereka lebih mudah terusik dan mengeluh. Meskipun sering menangis, biasanya mereka enggak mengeluarkan air mata dan hanya merengek saja.

5. Anak hiperaktif sering meninggalkan makanannya

Si kecil enggak bisa diam saat makan di meja makan? Bisa jadi si kecil termasuk hiperaktif, Moms!

Saat anak aktif merasa bosan makan di meja makan, biasanya mereka akan berpindah dan duduk di depan televisi sambil makan. Berbeda dengan anak hiperaktif yang langsung meninggalkan makanannya dan melakukan aktivitas lain.

Nah, itu dia Moms perbedaan anak aktif dan anak hiperaktif. Jika Moms masih merasa bingung apakah si kecil termasuk anak yang aktif atau hiperaktif, Moms bisa konsultasikan ke dokter atau psikolog agar lebih jelas. Semoga bermanfaat, ya, Moms!

Artikel Pilihan