Menu

Kasus Gagal Ginjal pada Anak Bikin Ringgo Agus Rahman Khawatir, Suami Sabai Morscheck Ini Pun Bagikan Tips Jaga Kesehatan Anak, Apa Ya?

19 Oktober 2022 19:08 WIB

Potret kebersamaan keluarga Ringgo Agus Rahman. (Instagram/@ringgoagus)

HerStory, Jakarta —

Moms, sebagai orang tua, Selebritis yang juga Ayah dua anak, Ringgo Agus Rahman, pun mengaku khawatir dengan merebaknya kasus gangguan ginjal akut misterius pada anak yang sekarang terjadi di Indonesia.

Sebagaimana diketahui, berdasarkan data Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), per hari Selasa (18/10/2022), kasus gangguan ginjal akut progresif atipikal di Indonesia mencapai 192 orang, dan 90-an anak dilaporkan meninggal dunia akibat penyakit tersebut.

"Jujur saja, pas mendengar berita ini aku dan istri sangat terkejut. Penyakit ini jadi perhatian banget, terlebih sekarang masih dalam penelitian lagi terkait dengan paracetamol sirup. Nah, sampai sekarang kita lagi tunggu update berita ini bagaimana," tutur Ringgo, saat acara peluncuran Kampanye Indonesia Sehat Berseri bersama SoKlin Antisep, di Jakarta, Rabu (19/10/2022).

Suami dari Sabai Morscheck ini mengaku, dirinya masih terus mencari informasi terkait penyakit gagal ginjal pada anak ini.

"Jadi kami terus aware dan mencari informasi terkait gagal ginjal akut sampai dapat informasi yang terpercaya," sambung Ringgo.

Pemeran Abah di film Keluarga Cemara ini pun berharap akan segera ada tindak lanjut Kemenkes, terkait temuan ratusan anak Indonesia yang alami gangguan ginjal akut ini, sehingga orang tua seperti dirinya bisa tahu apa tindakan yang perlu dilakukan saat anak sakit dan membutuhkan obat.

"Ya aku berharap ada kabar baik secepat mungkin (dari Kemenkes) bagaimana ke depannya." ungkap Ringgo.

Lebih lanjut, Ringgo pun membagikan tips menjaga kesehatan dan kebersihan keluarga. Salah satu yang kerap ia lakuan adalah dengan penerapan perilaku hidup bersih dan sehat yang dimulai dengan segera mencuci baju setelah pulang beraktivitas dari luar, rajin mencuci tangan, mandi dan menggosok gigi, menjaga kebersihan rumah dan keberfungsian toilet serta makan-makanan yang bergizi.

“Setiap hari saya dan istri selalu menerapkan perilaku hidup sehat dan bersih di rumah, apalagi anak-anak saya masih kecil,” ujar Ringgo.

Soal kebersihan pakaian, Ringgo pun selalu memastikan pakaiannya selalu bersih dengan memilih detergen yang tepat, yakni SoKlin Antisep.

"Pakai detergen dapat membunuh 99 persen kuman cucian. Ini adalah cara bagus menjaga kesehatan untuk membunuh virus atau kuman,” tandasnya.

Terakhir, Ringgo pun bertutur, di zaman sekarang ini penyakit memang banyak macamnya, karenanya dia sebagai orang tua pun harus extra care sama anak dari segala sisi.

“Kadang kita yang sudah extra care aja anak masih tetap bisa terjangkit suatu penyakit, apalagi kalau kita kurang peduli. Tak hanya menjadi tanggung jawab Ibu, tapi juga peran ayah untuk mengetahui informasi seputar kesehatan anak dan keluarga. Para ayah silakan dampingi anak-anak ke fasilitas kesehatan terdekat untuk kejar imunisasi rutin lengkap, karena mendapatkan jaminan kesehatan adalah hak setiap anak,” tutup Ringgo.