Menu

Jerawat Punggung Bikin Minder, Ini 4 Cara Rawat Tubuh Makin Mulus dan Hambat Peradangan Jerawat! Nomor 2 Sering Terlupakan!

20 Oktober 2022 08:55 WIB

Jerawat di Badan. (Pinterest/Freepik)

HerStory, Jakarta —

Selain menjadi masalah ketika muncul di area wajah, jerawat juga seringkali mengganggu terlebih ketika muncul di area punggung.

Meski tak terlihat, masalah ini tetap bisa membuat tak percaya diri dan bahkan timbul rasa tak nyaman karena mmebuat sakit terutama kalau berbaring. Kamu pernah merasakannya gak Beauty?

Ada berbagai cara yang dapat digunakan untuk menghilangkan jerawat punggung baik secara medis maupun alami. Biasanya, orang yang mengalami jerawat punggung akan diberikan resep oleh dokter untuk mengurangi dan menghilangkan jerawat tersebut. 

Selain itu, orang-orang juga dapatkan memanfaatkan skincare dengan bahan alami untuk mengatasi jerawat. Lantas bagaimana cara menghilangkan jerawat di punggung yang efektif dilakukan? Simak ulasannya berikut ini, dirangkum dari Hello Sehat lewat sindikasi konten Suara.com.

1. Menggunakan pakaian longgar

Pakaian yang sempit dan tak dapat menyerap keringat akan membuat keringat tak cepat hilang. Sehingga kotoran akan terjebak dan masuk ke dalam pori-pori kulit. Jika hal tersebut terjadi, maka jerawat bisa saja muncul di area punggung. Oleh karena itu, pastikan untuk mengenakan pakaian yang lebih longgar dan mudah menyerap air.

2. Menjaga diri dari makanan yang mengandung indeks glikemik yang tinggi

Makanan dengan indeks glikemik yang tinggi ini dapat merangsang pelepasan hormon insulin yang mampu memicu produksi sebum dan minyak pada kulit. Hal ini dapat menyebabkan munculnya jerawat di punggung. Makanan yang sebaiknya dihindari jika dikonsumsi terlalu sering antara lain: nasi putih, kentang goreng, minuman bersoda, makanan cepat saji, roti gandum dan masih banyak lainnya.

3. Selalu menjaga kebersihan handuk dan seprai

Agar jerawat di punggung tak semakin parah, rajin mandi setelah berkeringat adalah wajib hukumnya. Di sisi lain, yang membuat munculnya jerawat di punggung adalah handuk dan sprei yang tak bersih. Seprai dan handuk menjadi tempat rentan bakteri menumpuk yang bisa saja menyebabkan jerawat punggung. Oleh karena itu disarankan untuk secara rutin membersihkan handuk dan seprai yang digunakan.

4. Menggunakan obat-obatan

Cara untuk menghilangkan jerawat di punggung juga dapat dilakukan dengan menggunakan obat-obatan medis yang diresepkan dokter. Dokter akan memberikan obat benzoil peroksida, asam salisilat, retinoid dan antibiotik untuk membasmi bakteri serta menghilangkan jerawat.

Demikian ulasan singkat mengenai cara menghilangkan jerawat di punggung yang dapat kamu lakukan di rumah. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat dan menambah wawasan kamu dalam mengatasi permasalahan jerawat punggung ya Beauty!