Menu

Anak Sering Main Gadget Moms? Hindari Kerusakan Mata dengan Makanan Ini Yuk! Bisa untuk Orang Dewasa Juga Lho!

20 Oktober 2022 09:45 WIB

Anak laki-laki sedang bermain gadget. (Unsplash/Hal Gatewood)

HerStory, Jakarta —

Kini, mata dipercaya sebagai jendela dunia yang harus tetap dijaga kesehatannya. Ditambah, era digital kini semakin berkembang dan pemakaian gadget mungkin sangat sering bahkan hingga tak kenal waktu dan bisa dilakukan oleh siapapun dari anak kecil hingga orang tua.

Bahkan di zaman sekarang, anak-anak juga lebih sering menggunakan gadget dibanding bermain dengan teman sebayanya. Seolah-olah sudah menjadi kebiasaan, hal ini justru mengkhawatirkan mengingat sinar radiasi yang dipantulkan layar bisa merusak mata anak.

Dilansir dari laman healthline.com, salah satu cara untuk mencegah kerusakan mata pada anak ialan dengan mengonsumsi makanan tertentu. Adapun makanan yang bisa membantu menjaga kesehatan mata di antaranya, wortel, ikan salmon, alpukat, sayuran hijau, kacang-kacangan, cokelat, dan telur.

Dilansir dari laman tempo.co lewat sindikasi konten Suara.com, ada beberapa tips agar bisa terhindar dari gangguan kesehatan mata. Yang pertama, batasi penggunaan ponsel dan waktu layar, hal ini harus diterapkan pada anak maupun orang dewasa.

“Sebaiknya screentime yang diberikan kepada anak tidak lebih dari 30 menit per hari,” tutur Ni Retno Setyoningrum, seorang spesialis mata anak dan Ketua Layanan Pediatrik Oftalmologi dan Starbismus JEC Eye Hospitals dan Clinics.

Dokter spesialis mata RS An-Nisa dan Klinik Mata Netra Tangerang, Karinca Melia Arundini juga mengatakan bahwa mata bekerja selama 16 jam sehari.

“Jumlah itu banyak, lho! Lebih dari setengah hari,” tuturnya pada WiSTEM2D Talk dilansir pada Kamis (20/10/2022). 

“Agar bisa dinikmati dalam jangka waktu yang lama, sampai tua. Karena, semakin tua usia, paparan cahaya semakin banyak dan metabolisme juga semakin berkurang. Hal ini memicu kerusakan oksidatif,” tambahnya.

Makanan yang mengandung vitamin C, E, zinc, lutein dan zeaxantahin sangat baik untuk menjaga kesehatan mata. Ikan adalah salah satu bahan makanan yang banyak mengandung nutrisi. Ikan juga disebut sebagai makanan tersehat di dunia.

Tak hanya mampu mencerdaskan otak, mengonsumsi ikan juga bisa membantu mencegah penyakit asma, meningkatkan daya tahan tubuh, meningkatkan kualitas tidur dan juga membantu menjaga kesehatan mata.

Tak hanya untuk anak-anak, orang dewasa pun penting menjaga kesehatan mata. Batasi penggunaan gawai jika bukan waktu kerja, hal ini adalah upaya untuk mengistirahatkan mata agar mata tetap sehat dan terjaga.

Lihat Sumber Artikel di Suara.com

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan Suara.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel yang tayang di website ini menjadi tanggung jawab HerStory.

Artikel Pilihan