Pengumuman pemenang Jagoan Pariwisata 2022. (Press Release/Edited by HerStory)
Di era pandemi ini, wisata menjadi salah satu sektor yang terdampak sehingga kurangnya pengunjung yang datang untuk berlibur. Untuk itu, perlu adanya strategi serta inovasi yang membuat dapat bersaing dalam dunia pariwisata.
Melalui program Jagoan Pariwisata, tiket.com dan Kemenparekraf pun mengapresiasi prestasi dan ide cemerlang dari para pelaku usaha dengan empat kategori, yakni Best Homestay, Best Souvenir & Culinary, Best Tourist Attraction dan Best Digital & Creative.
Menurut Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, Sandiaga S. Uno penting adanya kolaborasi yang strategis untuk menghadirkan solusi yang baik bagi desa wisata di Indonesia.
Gaery Undarsa, Co-Founder dan Chief Marketing Officer tiket.com pun mengatakan bahwa program ini dibuat untuk meberikan edukasi di berbagai pengetahuian mengenai produk wisata sehingga penggiat dan pengusaha pariwisata pun memiliki skillset yang dapat digunakan dalam kebutuhan pasar sehingga dapat meningkatkan angka kunjungan wisata.
“Tujuan program ini pun telah tercapai, di mana edukasi berbagi pengetahuan dan pendampingan dalam pengelolaan produk wisata, sehingga penggiat dan pengusaha pariwisata di JADESTA memiliki bekal skillset yang mumpuni untuk dapat menjadi relevan atas kebutuhan pasar,” ungkapnya.
Sebagai pemenang Best Homestay, Siti Nurfazriah, pengurus Saung Eling juga mengatakan bahwa program ini dapat memicu semangatnya untuk memperbaiki ekonomi desa wisata.
“Saya berkomitmen untuk menggunakan ilmu yang didapatkan selama pendampingan akan diterapkan dengan bijak,” tegasnya.