Menu

Moms, Si Kecil Susah Minum Obat? Begini Cara Mengatasinya!

04 November 2020 16:15 WIB

ilustrasi anak susah minum obat (klikdokter/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Segala sesuatu yang terjadi pada si kecil memang jadi hal penting bagi para Moms. Salah satunya yaitu ketika si kecil sedang sakit. Ketika dihadapkan dalam situasi ini Moms tentu seringkali merasa sangat panik, apalagi jika si kecil sangat susah minum obat. 

Namun Moms enggak perlu khawatir, karena HerStory akan membagikan beberapa tips untuk mengatasi si kecil yang sangat susah minum obat. 

Samarkan rasa obat

Moms bisa meminta resep obat untuk si kecil dengan rasa buah-buahan agar enggak terlalu pahit. Namun, untuk obat si kecil yang berbentuk puyer tentu akan sulit mendapatkannya dengan rasa yang manis. Tetapi Moms bisa gunakan sirup pencampur puyer untuk mengurangi rasa pahitnya. Namun ingat, tetap gunakan obat-obatan sesuai anjuran dokter.

Perhatikan dosis

Beberapa orang tua saat memberikan obat kepada anak, cenderung enggak memperhatikan dosisnya. Mereka menggunakan sendok teh dan sendok makan untuk meminumkan obat sesuka hati. Ada baiknya jika Moms mengecek ulang dosis dan bagaimana cara pemakaian obat sebelum diberikan kepada si kecil. Hati-hati, dosis beberapa obat ditentukan berdasarkan berat badan, bukan umur.

Mengurangi rasa pahit

Sangat mengkonsumsi obat-obatan yang terasa pahit, si kecil akan cenderung memuntahkan obat-obatan tersebut. Untuk menghindari hal ini, Moms dapat mengakalinya dengan menggunakan jarum suntik dan pipet.

Katakan dengan jujur

Ketika memberikan obat kepada si kecil, ada baiknya jika Moms enggak menggunakan kalimat-kalimat yang berlebihan atau cenderung berbohong seperti mengatakan obat itu rasanya enak padahal obat tersebut sangat pait. 

Alangkah lebih baik jika Moms menjelaskan bahwa meski rasanya tidak enak, obat sangat berguna untuk membuatnya merasa lebih sehat.

Semoga bermanfaat Moms!

Artikel Pilihan