Tak banyak diketahui publik, Moluskum Kontagiosum (MK) adalah salah satu jenis penyakit kulit seperti jerawat di bagian kemaluan. Meski tak berbahaya, kondisi MK bisa sangat menganggu karena tumbuh dalam jumlah yang banyak.

Penyakit ini terjadi pada kulit yang disebabkan oleh poxvirus. Biasanya MK memiliki ukuran kurang dari 0,25 inci dan memiliki titik kecil ditengah benjolannya.

Tak hanya dialami oleh orang dewasa, rupanya MK juga bisa terjadi pada anak-anak. Pada orang dewasa biasanya MK berada di area genital. Sedangkan pada anak-anak MK rentan menyerang bagiang sekitar punggung, kaki, tangan dan dada.

"Penularan MK terjadi karena kontak langsung pada kulit yang erat dan berulang (seksual maupun non-seksual) serta autoinokulasi pada garukan," terang dr. Anthony Handoko, SpKK, FINSDV, CEO Klinik Pramudia dalam Virtual Media Briefing, Rabu (4/11/2020).

Jangan dianggap sepele, ini merupakan infeksi virus yang sangat menular dan dapat ditularkan dari orang ke orang melalui kontak kulit ke kulit, berbagi pakaian, atau hanya dengan menyentuh benda yang disentuh penderita yang terinfeksi lho.

MK pada anak merupakan infeksi virus yang menyerang kulit, sedangkan MK pada dewasa sebagai penyakit Infeksi Menular Seksual (IMS). MK sering ditemukan pada pasien immunocompromise (gangguan sistem imun yang menurun), seperti penderita HIV.