Menu

Gak Cuma Secara Fisik Moms! Ini Tanda Pasangan Kamu Lakukan Emotional Cheating, Sama-sama Menyakitkan!

26 Oktober 2022 11:50 WIB

Illustrasi Suami Selingkuh dengan Teman Kantor (Freepik/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Siapa sih yang tak ingin memiliki hubungan sehat dan harmonis? Hal ini tentu menjadi impian banyak pasangan di luar sana.

Namun, selain tengkar karena masalah yang sepele, ada hal-hal lain yang mungkin saja kamu belum sadari terjadi pada hubungan rumah tanggamu.

Diselingkuhi sangat menyakitkan bukan? Yuk Moms mulai kenali emotional cheating dimana mungkin hal sepele itu bisa menjadi alasan yang penting untuk menjaga hubungan tetap dalam kondisi sehat dan terbuka.

Tapi apa sebenarnya yang dimaksud dengan emotional cheating ini? Adakah tanda-tanda yang bisa diketahui, sehingga hal ini dapat dicegah?

Mengenal Apa Itu Emotional Cheating

Meski terdapat kata cheating yang ada di dalam frasa ini, namun yang dimaksud bukanlah perselingkuhan secara fisik. Seperti namanya, ‘perselingkuhan’ ini terjadi secara emosional antara satu orang dengan orang yang lain.

Sialnya, pelaku emotional cheating tak jarang justru tak menyadari bahwa hal ini tengah mereka lakukan. Tiba-tiba hubungan asmara yang dimiliki akan terasa berbeda, dan getaran perasaan semakin lama semakin pudar.

Emotional cheating dapat dipahami sebagai bentuk tindakan intim yang dilakukan satu orang pada orang lain tanpa melibatkan sentuhan fisik, namun justru berada pada sisi emosional. Hal ini berasal dari pikiran dan perasaan yang kemudian memunculkan kedekatan dan rasa nyaman saat seorang memiliki pasangan.

Tanda-Tanda Seseorang Melakukan Emotional Cheating

Hal ini sering terjadi di lingkaran terdekat pertemanan yang memiliki kedekatan emosional. Jika kamu atau pasangan melakukan beberapa hal di bawah ini, maka bisa menjadi indikasi tengah terjadi emotional cheating dalam hubungan kamu Moms.

  • Pertama, lebih banyak berkeluh kesah dengan orang lain daripada dengan pasangan yang dimiliki
  • Kedua, menghindari menyebutkan nama pasangan dalam obrolan yang terjalin, seolah-olah pasangan tak layak berada atau terlibat dalam obrolan yang terjalin
  • Ketiga, munculnya harapan pasangan akan berubah seperti teman terdekat kamu yang lebih memberikan kenyamanan
  • Keempat, ikatan komunikasi dan emosional yang dimiliki dengan pasangan semakin renggang, dan hubungan terasa hambar
  • Kelima, menutupi atau tak mau kedekatan dan obrolan yang terjadi antara dua pihak ini diketahui pasangan

Mungkin kamu atau pasanganmu melakukan satu di antara kelima poin di atas? Hati-hati, bisa jadi itu tanda tengah melakukan perselingkuhan emosional dalam hubungan kamu. Efeknya bisa sangat buruk, dan membuat hubungan menjadi kurang harmonis.

Komunikasi yang terbuka dan sikap yang lebih dewasa diperlukan dalam mengatasi hal ini. Di satu sisi, seorang harus paham batasan berbagi yang diberikan pada setiap pihak, sehingga pasangan tak merasa berada di luar dari hubungan yang terjalin. Di sisi lain, kejujuran dan keterbukaan pada hubungan pertemanan yang dimiliki juga bisa menjadi solusi atas keadaan ini.

Semoga artikel singkat mengenai apa itu emotional cheating ini bisa membantu dan semoga yang terbaik selalu untuk kamu ya Moms!