Menu

Setop Insecure! Gak Perlu Treatment Khusus, Ini Cara Memudarkan dan Mencegah Stretch Marks yang Mesti Kamu Tahu!

26 Oktober 2022 15:25 WIB

stretch mark. (shutter stock/edited by herstory)

HerStory, Jakarta —

Biasanya, tubuh wanita pasti terdapat stretch marks baik itu pada bagian paha, pantat, ataupun payudara.

Hal ini pun bisa dikarenakan beberapa hal, beberapa diantaranya adalah karena pubertas, kehamilan, atau obesitas.

Jika warnanya masih merah, stretch mark dapat memudar secara alami dari waktu ke waktu. Tapi untuk stretch mark yang sudah berwarna putih, biasanya lebih sulit untuk dipudarkan dan membutuhkan treatment khusus.

Meski demikian, ada beberapa perawatan rumahan yang diyakini mampu membantu mencegah stretch mark dan memudarkan bekasnya, antara lain:

1. Pijat

Memijat dengan pelembap dan emolien sangat membantu. Memijat area tersebut membantu meningkatkan sirkulasi darah dan mengurangi stretch mark. Sebuah penelitian menemukan bahwa 15 menit pijatan dengan minyak almond pahit membantu mencegah stretch mark kehamilan atau striae gravidarum.

2. Menjaga kulit terhidrasi

Tetap terhidrasi adalah cara lain untuk mencegah stretch mark. Selain pelembap topikal, kulit kamu juga perlu tetap terhidrasi dari dalam. Kulit kering tak dapat meregang dengan baik, dan ini menyebabkan munculnya stretch mark.

3. Lakukan eksfoliasi secara teratur

Meskipun tak diketahui apakah pengelupasan kulit dapat membantu mengurangi tampilan stretch mark, ini dapat membantu menjaga kesehatan kulit. Pengelupasan kulit secara teratur sangat penting untuk menyingkirkan sel-sel kulit mati. Ini juga melembutkan kulit dan dapat membantu dalam pencegahan stretch mark.

Jika perawatan rumahan tak bekerja pada stretch mark, kamu mungkin harus memilih treatment khusus. Dalam kasus seperti itu, yang terbaik adalah berkonsultasi dengan dokter kulit. Karena treatment tergantung pada jenis kulit kamu dan tingkat keparahannya.

Dihimpun dari Style Craze melalui laman sindikasi konten Suara.com, biasanya dokter merekomendasikan pilihan treatment berikut.

Terapi Laser : Laser adalah cara yang aman untuk memperbaiki tampilan stretch mark. Ini membantu memulihkan serat elastin yang rusak dan meningkatkan produksi kolagen

Mikrodermabrasi: Proses ini bekerja dengan baik dengan kombinasi perawatan topikal lainnya seperti tretinoin topikal dan PRP (plasma kaya trombosit).

Suntikan Kolagen: Ini adalah pilihan perawatan yang populer untuk memperbaiki tampilan bekas luka, stretch mark, kerutan, dan garis-garis halus. Prosedur kosmetik ini dilakukan dengan menyuntikkan kolagen tepat di bawah kulit

Radiofrekuensi: Teknik ini juga menggunakan energi panas untuk merangsang produksi kolagen untuk mengobati stretch mark dan terbukti cukup efektif.

Salep Topikal: Dokter mungkin juga meresepkan salep topikal yang mengandung emolien dan asam, seperti krim atau gel berbasis kolagen, krim yang mengandung asam hialuronat, asam askorbat, asam glikolat, dan asam retinoat, dan lainnya.